Wisata

Wisata Air Terjun di Malang yang Jadi Pilihan saat Liburan

Sabtu, 31 Desember 2022 - 05:11 | 45.98k
Coban Manten di Pujon, Kabupaten Malang. (FOTO: Obyek Wisata Malang).
Coban Manten di Pujon, Kabupaten Malang. (FOTO: Obyek Wisata Malang).

TIMESINDONESIA, MALANG – Banyak pilihan wisata alam di Kabupaten Malang yang dapat dinikmati saat libur Tahun Baru 2023. Termasuk sejumlah destinasi wisata air terjun.

Wilayah Kabupaten Malang menyimpan banyak wisata air terjun yang keberadaannya belum banyak diketahui karena letaknya tersembunyi.

Advertisement

Berikut beberapa wisata Air Terjun di Kabupaten Malang yang belum banyak diketahui oleh wisatawan:

Coban Manten

Destinasi pertama adalah Coban Manten yang letaknya di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun cantik ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Malang. Coban Manten juga dikenal dengan nama Coban Kembar.

Di tempat ini ada dua air terjun yang saling berjajar dalam satu tebing seperti sepasang pengantin. Mungkin karena itulah masyarakat sekitar menamakan air terjun dengan Coban Manten atau dalam bahasa Indonesia adalah pengantin. Lokasinya yang tersembunyi dan jarang dijamah membuat Coban Manten memiliki alam yang masih sangat alami.

Tidak hanya itu, letaknya yang berada di ketinggian menawarkan sensasi dan panorama tersendiri dibanding coban lainnya. Sejuknya air yang jatuh dari atas tebing, dari dua sumber sekaligus akan membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Penat dan lelah akan terbayar dengan sajian alam nan indah.

Coban Manten termasuk dalam serangkaian air terjun lainnya yaitu Coban Tengah dan Coban Rondo. Coban Manten terletak paling atas di pegunungan, kemudian di bawahnya terdapat Coban Tengah, dan Coban Rondo.

Untuk mengunjungi Coban Manten, akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang. Kemudian meneruskan perjalanan ke Coban Manten yang disuguhkan keindahan pemandangan alam di sekitarnya.

Air Terjun Gintung

Malang Selatan dikenal dengan banyaknya coban atau air terjun tersembunyi. Salah satunya adalah Coban Gintung. Wisata ini terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Harga tiket masuk air terjun dan parkir dibanderol Rp10 ribu. Untuk berwisata di Coban Gintung patut berhati-hati karena kondisi akses jalan yang lumayan terjal.

Terlebih pada musim hujan kali ini, jalan cukup licin.

Coban Tundo

Coban-Tundo-di-Sumawe-Kabupaten-Malang.jpgCoban Tundo di Sumawe Kabupaten Malang. (FOTO: Lingkar Malang).

Masih di Malang Selatan, wisata air terjun berikutnya adalah Coban Tundo. Terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Lokasinya tersembunyi, menjadikan air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai destinasi wisata ekstrim. Terlebih kondisi air Terjun di tempat tersebut masih bersih.

Air terjun coban Tundo berwaran biru muda dan memiliki kedalaman dua meter. Untuk mencapainya, akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar tiga jam dari Kota Malang.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, terdapat tiga turuk Coban Tundo. Yaitu Coban Tundo Satu yang letaknya paling atas, lalu dibawahnya ada Coban Tundo dua dan yang paling bawah Coban Tundo tiga.

Coban Kethak

Suasana-Coban-Kethak.jpgSuasana Coban Kethak. (FOTO: Instagram Coban Kethak).

Letak destinasi Coban Kethak berada di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Keunikan air terjun di Malang barat ini adalah adanya batu berkepala singa yang berada di bawah aliran air terjun.

Untuk suasananya hampir sama dengan coban lain yang sejuk dan asri. Keistimewaan Coban Kethak selanjutnya adalah mempunyai luas area sekitar 4 hektar dan banyak ditumbuhi pohon durian dan alpukat.

Akses jalannya pun mudah dijangkau, yaitu persis di samping jalan raya hutan Pait, atau sekitar 15 km dari Kecamatan Pujon. Pengunjung maupun wisatawan tak perlu bingung-bingung untuk menemukan lokasi ini.

Setelah sampai di jalan raya hutan  tersebut, pengunjung harus menyusuri jalan bebatuan sepanjang 25 meter melewati bangunan yang terbuat dari bambu. Keindahan Coban Kethak akan terlihat begitu pengunjung maupun wisatawan sampai di lokasi.

Selain Coban Kethak bersama tiga Coban lainnya, masih terdapat sejumlah wisata air terjun di Kabupaten Malang yang keberadaannya tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES