Wisata

Ingin Liburan Anda Menyenangkan, Yuk Intip 7 Tips Aman Wisata ke Majalengka

Minggu, 01 Januari 2023 - 15:25 | 46.62k
Pengunjung wisatawan tengah menikmati keindahan alam. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Pengunjung wisatawan tengah menikmati keindahan alam. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAKabupaten Majalengka yang dikenal sebagai kota Angin ini mempunyai keindahan alam yang begitu mempesona nan indah dengan banyak danau, telaga, air terjun, hingga perbukitan sebagai destinasi wisata.

Memang berlibur adalah salah satu pilihan tepat untuk melepas penat atau stres. Butuh waktu untuk menikmati hidup dan tentunya akan lebih asik jika dilakukan bersama-sama orang terdekat.

Advertisement

Sehingga moment berwisata ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang sudah direncanakan jauh hari tentu tidak ingin gagal atau terkendala, karena cuaca belakangan ini yang masih ekstrem.

Maka TIMES Indonesia sudah merangkumnya dalam tips berikut sehingga momen Liburan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 menjadi lebih berkesan.

Inilah 7 tips aman berwisata ke Majalengka

1. Siapkan Jas Hujan atau Payung

Alat pelindung hujan, seperti jas hujan atau payung, wajib dibawa saat berwisata di musim hujan sekarang ini. Apalagi, jika berwisata dengan naik sepeda motor. Maka wajib menyiapkan jas hujan, sandal dan baju ganti jika perlu.

2. Konsumsi Vitamin dan Bawa Obat Ringan

Pertahanan utama dari cuaca buruk adalah daya tahan tubuh yang baik. Oleh karenanya, biasakan mengonsumsi vitamin dan makanan penambah imun tubuh selama musim hujan.

Selalu sediakan pula obat-obatan ringan, seperti obat sakit kepala, minyak gosok, atau jamu masuk angin sebagai pertolongan pertama di perjalanan menuju/setelah berwisata di Majalengka.

3. Berangkat ke tempat wisata pada Pagi Hari

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko cuaca yang kurang bersahabat maka lebih baik berangkat ke tempat wisata pada pagi hari. Karena hujan biasanya mulai turun pada sore hari.

Selain itu, jangan pergi dengan perut kosong. Lebih baik lagi, hangatkan diri Anda dengan makanan berkuah di sela-sela waktu kunjungan. Pilihannya beragam. Bisa sup, baso, soto, atau sekadar minuman hangat, seperti wedang jahe, kopi yang cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

4. Pantau Ramalan Cuaca

Pantau ramalan cuaca gunakan gadget Anda secara maksimal dengan mengikuti perkembangan dan prediksi cuaca setiap hari dari BMKG. Jangan hanya melihat suhunya.

Lihat juga secara detail perkiraan cuaca setiap jam, persentase potensi turun hujan dan bandingkan dengan beberapa sumber agar hasilnya lebih akurat. Jika Anda dari luar daerah, jangan lupa untuk memeriksa kondisi cuaca di tempat wisata Majalengka yang Anda tuju.

5. Pastikan Kendaraan Siap Jalan

Bagi Anda yang merencanakan akan berwisata dengan menggunakan mobil pribadi atau motor sebaiknya melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Hal ini penting karena untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan menuju dan setelah berwisata ke Kabupaten Majalengka. Namun, tak kalah penting juga patuhi semua aturan tata tertib lalin dan jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

6. Waspada Longsor dan Banjir

Wisatawan yang ingin berlibur ke Majalengka harus ekstra waspada longsor dan banjir. Terutama saat curah hujan yang tinggi. Pastikan Anda aman dari lokasi yang rawan longsor maupun ancaman bencana lainnya saat tengah berwisata.

7. Orangtua Harus Perhatikan Anak-anak

Bagi yang membawa anak - anak saat berwisata, para orangtua harus mengawasi dan mengontrol anak dengan baik untuk memastikan aktivitasnya dan orangtua harus mengutamakan keselamatan jiwa anak dengan mencegah segala bentuk kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan pada anak.

Itulah 7 tips aman wisata ke Kabupaten Majalengka yang telah dirangkum TIMES Indonesia. Jadikan perjalanan wisata semakin menarik dan berbagi pengalaman bersama teman atau sahabat dan keluarga pada momen Liburan Nataru tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES