Wisata

Taman Pintar Yogyakarta Lengkapi Koleksi, Pengunjung Semakin Betah

Jumat, 30 Desember 2022 - 17:49 | 40.35k
Suasana depan Objek Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta. (FOTO: Pemkot Yogyakarta)
Suasana depan Objek Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta. (FOTO: Pemkot Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Jelang libur panjang tahun baru, Objek Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta  berbenah. Salah satunya dengan mendatangkan beberapa alat peraga baru. Tujuannya adalah untuk memberi kepuasan kepada wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta.

Beberapa alat peraga baru yang dihadirkan di Taman Pintar yaitu digital bicycle, x-ray interaktif, multi shape mirror, peraga lorong cermin, dan peraga sepeda roda kotak.

Advertisement

“Selain menghadirkan alat peraga baru, kami juga telah merefresh atau melakukan penyegaran zona jembatan sains,” jelas Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya Kota Yogyakarta, Retno Yuliani, Jumat (30/12/2022).

Menurut Retno, sejak Awal Bulan Desember 2022, jumlah pengunjung Taman Pintar mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Meski demikain, pengelola Taman Pintar tetap menerapkan protokol Covid-19 di setiap wahana secara kerat, dan juga rutin melakukan pembersihan secara berkala di tiap wahana.

“Desember ini peningkatan kunjungan wisatawan sangat signifikan, rata-rata perhari 3.000 sampai 6.000 pengunjung, bahkan pernah sampai 7.000 pengunjung. Untuk jam pelayanan tidak ada perubahan tetap buka mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB,” jelas Retno.

Sementara untuk harga tiket juga tidak ada perubahan, yakni Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 12 ribu untuk anak-anak. “Kami berharap Taman Pintar tetap menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Selain itu juga menjadi sarana edukasi untuk mencerdaskan bangsa,” harap Retno.

Taman Pintar Yogyakarta didirikan sekitar tahun 90-an, untuk mengimbangi adanya ledakan teknologi informasi. Tujuannya, supaya kreatifitas anak lebih terasah. Karena adanya teori dari sekolah yang ditampilkan dalam peraga nyata bisa dilihat di taman bermain ini.

Bangunan yang terdapat di taman ini sendiri berada di Kawasan Shopping Center. Kemudian, dengan adanya keterkaitan dengan fungsi bangunan, maka dibangunlah taman ini. Supaya terhubung dengan Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer, dan Gedung Agung di dekatnya.

Taman Pintar Yogyakarta memiliki beberapa wahana edukasi yang terbagi dalam beberapa tempat. Pengunjung dikenakan tiket tambahan jika ingin menikmati wahana tersebut, karena tidak termasuk tiket masuk. Terdapat Kampung Kerajinan, Playground, hingga Wahana Bahari di dalamnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES