Wisata

6 Pesona Wisata Bahari di Probolinggo Ini Jadi Pilihan Tepat Untuk Liburan Awal Tahun

Minggu, 01 Januari 2023 - 20:24 | 70.82k
Pemandangan Pantai Klasik yang ada di Kecamatan Gending. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Pemandangan Pantai Klasik yang ada di Kecamatan Gending. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKabupaten Probolinggo, Jawa Timur, tidak hanya memiliki pesona Gunung Bromo yang berhasil memikat wisatawan lokal hingga mancanegara. Dibalik keindahan gunung itu, ada juga sejumlah wisata bahari yang menyajikan pesona epic dengan keunggulan yang berbeda-beda. Ada 6 destinasi wisata yang direkomendasikan untuk wisatawan mengisi liburan awal tahun.

Sejatinya, tak hanya 6 destinasi wisata pantai yang berada di bibir pantai Probolinggo. Dari sekian pantai yang ada, TIMES Indonesia mencoba merekomendasi 6 pantai paling epic dan masih hits hingga saat ini. Keenam destinasi ini memiliki panorama dan keunggulan yang berbeda-beda.

Advertisement

1. Pantai Bahak

Pantai ini berada di wilayah paling barat Kabupaten Probolinggo. Tepatnya, di Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas. Jarak lokasi wisatanya pun tak begitu jauh dari jalur pantura Surabaya-Banyuwangi. Bahkan akses jalannya pun bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Serta telah disiapkan lokasi parkir yang cukup luas untuk wisatawan.

Wisata-Bahari-di-Probolinggo-2.jpgPemandangan Pantai Bahak yang ada di Kecamatan Tongas. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Di dalam teretorial wisata itu, wisatawan langsung disambut dengan eloknya pemandangan hutan cemara udang yang berada di sisi barat pantai. Jika menolehkan jarak pandang ke arah timur, Nampak sejumlah lapak pedagang yang berjejeran menyajikan berbagai santapan kuliner.

Selain itu, ada juga anjungan panjang yang membelah bibir pantai sejauh 100 meter. Nah, di sisi timur anjungan terdapat tiga menara pandang yang juga terbuat dari kayu kokoh. Pengunjung bisa menaiki menara tersebut untuk melihat langsung garis pantai dari ketinggian.

2. Pantai Bentar

Siapa yang tak tahu dengan wisata yang satu ini. Selain lokasinya yang berada tepat di samping jalur pantura. Wisata ini pun dihimpin dengan bukit tinggi yang dilintasi oleh jalan rasa. Lintasannya yang berlika-liku membuat banyak orang muda mengingatkan.

Pantai Bentar yang terletak di Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo ini, sudah banyak berganti wajah. Fasilitas yang ada sudah semakin baik. Anjungan atau jembatan kayu yang menjulur ke bibir pantai telah diperbaiki. Membuat pemandangan alam semakin menarik.

Jika bosan berada di sisi pantai, pengunjung bisa beralih ke bukit tinggi yang berada di sebelah pantai. Disana, pengunjung bisa melihat hamparan lautan dan panorama alam yang cukup menakjubkan. Wisata bahari yang satu ini dapat menjadi jujukan untuk liburan bersama keluarga.

3. Pantai Klasik

Pantai Klasik, atau bisa disebut-sebut sebagai Tanah Lotnya Proboliggo ini, merupakan destinasi wisata anyar. Wisata ini baru diresmikan pada Juli 2022. Selain memiliki anjungan atau jembatan kayu yang cukup panjang, wisata ini memiliki keungguan pemadangan yang menarik.

Pemandangan itu bisa disaksikan dari adanya bongkahan batu karang raksasa yang berada di tengah laut. Di atas onggokan batu karang itu, terdapat semak belukar dan bakau. Dilihat dari jauh, nampak seperti pulau kecil, tak ubahnya Tanah Lot Bali.

Pantai yang terletak di Desa Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo banyak digemari pengunjung. Lokasinya pun berada 1 kilometer dari jalur pantura. Sangat tepat untuk dijadikan liburan keluarga sambil berswafoto.

4. Pantai Duta

Jika mencari pantai yang memiliki pemandangan epic juga memiliki ombak tenang. Jawabannya, adalah Pantai Duta. Ombak yang tenan membuat pengunjung bisa bebas bermain di tepi pantai bersama teman maupun keluarga. 

Selain ombaknya yang tenang, pantai yang terletak di Desa Randutatah Kecamtan Paiton ini, memiliki kawasan konservasi mangrove dan hutan cemara. Pengunjung bisa berswafoto menikmati rindangnya hutan dengan pemandangan bibir pantai. Jika bosan, pengunjung bisa menyisiri jembatan kayu yang mengitari konservasi mangoreve.

Pantai ini berjarak 2 kilometer dari jalur pantura. Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Lahan parkir pun cukup luas.

5. Pantai Bohay

Wisata bahari yang satu ini berada di ujung sisi timur Kabupaten Probolinggo. Tepatnya berada di sebelah barat objek vital nasional, PLTU. Wisata yang berjarak 100 meter dari jalur pantura ini menyajikan panorama pantai yang dihiasi dengan bangunan PLTU. Di malam hari, gemerlap lampu dari PLTU membuat nuansa malam semakin sempurna.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner seafood yang telah disediakan di wisata tersebut. Lokasinya yang berada dekat dengan bibir pantai itu, membuat nuansa kuliner semakin nikmat. Banyak menu special yang menjadi favorit dan buruan para pengunjung setiap kali dating kesana.

6. Pantai Gili Ketapang

Pantai ini terletak di pulau kecil di sisi utara dataran Kabupaten Probolinggo. Secara administratif, teretorial pulai ini masuk Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Butuh waktu 30 menit untuk menyeberang laut menggunakan kapan dari Pelabuhan Mayangan.

Wisata-Bahari-di-Probolinggo-3.jpgPemandangan bawah laut di Pantai Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Berkunjung ke tempat wisata ini tentunya banyak hal yang bisa dilakukan. Dari menikmati keindahan pantai hingga berenang di pantai. Namun dari sekian banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, aktivitas yang menjadi andalan para wisatawan adalah snorkeling. Apalagi Gili Ketapang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Berbagai jenis ikan nampak berenang santai dan begitu akrab dengan para snorkling.

Inilah 6 destinasi wisata bahari versi TIMES Indonesia yang dapat menjadi referensi mengisi waktu liburan awal tahun. Selain itu, banyak juga wisata alam lainnya yang tak kalah menarik, di antaranya Air Terjung Bidadari, Air Terjung Guyangan, Seruni Poin, Gunung Bromo dan banyak wisata lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES