Wisata

Dua Obyek Wisata Probolinggo Ini Banjir Pengunjung Saat Momen Tahun Baru

Selasa, 03 Januari 2023 - 01:22 | 73.59k
Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Dua obyek wisata Probolinggo yakni TWSL dan pantai Permata masih ramai dari pengunjung pada momen tahun baru 2023.

Pantai dan taman wisata studi lingkungan atau kebun binatang mini itu ternyata masih jadi favorit bagi wisata loka Kota Probolinggo.

Advertisement

Taman wisata studi lingkungan atau TWSL merupakan salah satu obyek wisata andalan Kota Probolinggo, mencatat kurang lebih tiga ribu wisatawan atau pengunjung yang datang saat berlibur pada tahun baru, Minggu (01/12/2023).

TWSL-Kota-Probolinggo.jpgTWSL Kota Probolinggo  (FOTO: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TWSL yang terletak di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, masih jadi primadona wisatawan lokal.

Kepala UPTD Informasi dan Pendidikan Lingkungan Hidup atau IPLH, selakuvpengelola TWSL, Akbarul Huzaini mengatakan,  pada libur tahun baru hari Minggu kemarin total pengunjung mencapai 3.895 orang yang datang ke TWSL. Dari total pengunjung itu terbagi atas 2.430 orang dewasa, dan 1.464 anak - anak.

"Dari jumlah tersebut berdasarkan tiket yang kita jual selama sehari mulai minggu pagi hingga minggu sore, angka ini menunjukkan antusia pengunjung setelah lama sepi karena pandemi Covid-19," kata Akbar.

Dari data wisatawan tersebut, paling banyak pengunjung dari luar Kota Probolinggo, seperti Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Bondowoso, dan Sidoarjo.

Menurut Akbar, pengunjung TWSL di libur tahun baru 2023 ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2022, yang mencapai 1.979 pengunjung dalam sehari. 

"Pada libur tahun bari 2023 ini naik dua kali lipat dari libur tahun baru 2022, yang mencampai kisaran 3.895 pengunjung," jelasnya. 

Dalam libur rahun baru kemarin, seperti biasa TWSL memberikan hiburan khusus untuk menarik pengunjung. Seperti musik elektone. 

Pantai Permata Masih Jadi Wisata Probolinggo Favorit

Selanjutnya obyek wisata yang tak kalah ramai dan masih menjadi favorit di Kota Probolinggo adalah pantai Permata. 

Pantai yang terkenal dengan cemara dan konservasi mangrove ini, berada di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

Pengelola Pantai Permata Pilang, Mahmud Zain mengatakan, kunjungan Wisatawan ke Pantai Permata pada libur tahun baru 2023 kemarin tercatat mencapai ribuan orang yang berkunjung.  Ramainya pengunjung ke pantai Permata ini dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya melandainya Covid-19. 

"Jumlah pengunjung atau wisatawan di pantai Permata saat libur tahun baru kemarin mencapai seribu lebih pengunjung. Mereka yang datang kebanyakan dari dalam Kota Probolinggo,” ujar Mahmud Zain. 

Mahmud Zain juga menjelaskan, jika dibandingkan tahun kemarin, pengunjung pantai Permata Pilang lebih banyak tahun ini. 

 Dalam liburan tahun baru kali ini, pengelola wisata pantai Permata memberikan fasilitas hiburan berupa bazar makanan dan minuman, musik, hingga cek kesehatan gratis," kata dia.

Diketahui, dua obyek wisata Probolinggo, yakni TWSL dan pantai Permata Kota Probolinggo ini merupakan tempat favorit untuk berlibur. Di TWSL para pengunjung bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa yang ada. Sedangkan di pantai Permata, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai, dengan duduk santai di gazebo menikmati rindangnya pohon cemara udang, atau hanya sekedar berkeliling menggunakan sepeda ontel.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES