Wisata

Eksotika 5 Wisata Air Terjun di Wonosalam Kabupaten Jombang

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:27 | 54.51k
Air Terjun Grenjeng (Foto: Instagram @explorejombang)
Air Terjun Grenjeng (Foto: Instagram @explorejombang)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kecamatan Wonosalam menjadi salah satu wilayah andalan destinasi wisata alam di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dan salah satu wisata yang dimiliki wilayah ini adalah air terjun.

Tak jarang jika Wonosalam menjadi salah satu jujukan bagi setiap wisatawan yang berkunjung di kota santri.

Advertisement

Letak geografis Wonosalam yang terletak di lereng Gunung Anjasmoro memang membuat suasana berlibur anda akan dimanjakan dengan suasana udara sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata.

Salah satunya TIMES Lovers bisa menikmati berbagai panorama wisata air terjun yang masih asri dan indah sebagai pilihan liburan.

Berikut beberapa destinasi wisata air terjun di Kabupaten Jombang:

1. Air Terjun Tretes

Air-Terjun-Tretes.jpgAir Terjun Tretes berada di Dusun Pengajaran, Desa galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Air Terjun Tretes berada di Dusun Pengajaran, Desa galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Air terjun ini meliliki ketinggian mencapai 158 meter yang berada diketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Tak heran jika Air Terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur, serta menjadi andalan wisata air terjun yang dimiliki Kabupaten Jombang. Air terjun ini dikelola oleh Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo Jawa Timur.

Untuk menikmati wisata ini pengunjung dikenakan biasa sebesar 11 ribu rupiah yang sudah termasuk dengan ansuransinya. Namun, untuk menikmati wisata ini pengunjung harus menyiapkan fisik yang kuat.

Pasalnya, jarak antara parkiran dan air terjun lumayan jauh yakni sekitar 4 km. Tapi jangan khawatir ada jasa ojek dari masyarakat setempat yang siap untuk mengharkan kalian ke tempat tujuan.

2. Air Terjun Sekelip

Air-Terjun-Sekelipe46d7695b473c717.jpgAir Terjun Sekelip terletak di Dusun Gentaru, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (FOTO : Instagram @rachmatarif_)

Wisata air terjun ini terletak di Dusun Gentaru, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.  

Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun kecantikan dan pesonanya tak kalah dengan air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki keindahan tersendiri yakni memiliki dua tingkat yang tidak dimiliki air terjun lain di Wonosalam.

Disarankan jika hendak berkunjung kesini, pengunjung harus meminta warga setempat untuk menghantarkannya. Pasalnya, wisata ini belum dikelola secara prefesiona sehingga keasrian dari tempat ini masih alami.

3. Coban Selo Lapis

Air-Terjun-Sekelip.jpgCoban Selo Lapis terletak di Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (FOTO : Instagram @setapakkecil)

Air Terjun Selo Lapis atau Coban Selo Lapis memiliki keindahan dan pesona tersendirin yang memanjakan mata bagi setiap wisatawan yang berkunjung kesana. Wisata ini terletak di Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Diperlukan fisik yang kuat untuk menikmati wisata yang indah ini. Pasalnya, pengunjung harus menumpuh perjalanan hingga sekitar 30 menit perjalanan dari area parkir.

Namun, tak perlu khawatir sebab, diperjalan pengunujung akan disugguhkan pemandangan yang indah khas pengunungan yang membuat perjalanan kalian semakin seru.

Tak perlu merogoh kocek begitu dalam, untuk menikmati panorama indahnya air terjun ini pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5 ribu untukn tiket masuknya. Sedangkan untuk biaya parkir mobil 5 ribu dan parkir motor cukup 2 rib rupiah saja.

4. Air Terjun Sanggar

Air-Terjun-Sanggar.jpgAir Terjun Sanggar terletak di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (FOTO : Instagram @kakdonns93)

Air Terjun Sanggar yang terletak di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Air terjun yang masih arsi dengan lingkungan pepohonan yang masih alami akan membuat tempat ini makin asik untuk dikunjungi.

Tempat ini juga sangat cocok untuk foto-foto, sebab tempatknya sangat instagramable.

Namun, untuk keamanan pengunjung disarankan untuk ditemani warga setempat untu menikmati keindahan itu semua. Sebab, belum dibuka untuk umum dan belum dikelola secara prefesional. Maka untuk berkunjung kesini masih gratis alias tanpa biasa sepeserpun.

5. Air Terjun Pengayoman

Air-Terjun-Pengayoman.jpgAir Terjun Pengayoman terletak di Dusun Bangunrejo, Desa Carangwulung, Keamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (FOTO : Instagram @jajaxjolies)

Nah, air terjun yang terakhir ini juga rekomended bagi para treveler. Pasalnya Air terjun Pengayom yang terletak di Dusun Bangunrejo, Desa Carangwulung, Keamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang ini masih terjaga keasriannya.

Apa lagi bagi pengunjung yang suka berswafoto, tempat ini sangat instagramable sekali. Pemandangan hijau khas pegunungan akan memanjakan mata kalian ketika berwisata ke tempat ini.

Untuk masuk wisata air terjun di Wonosalam Kabupaten Jombang ini, pengunjung tak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang parkir saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES