Wisata

BWS Babel Percantik Pantai Arung Dalam

Kamis, 19 Januari 2023 - 11:12 | 40.19k
Suasana Pantai Arung Dalam, Koba,.Bangka Tengah setelah dibangun pengamanan pantai (Foto : FK for TIMES Indonesia).
Suasana Pantai Arung Dalam, Koba,.Bangka Tengah setelah dibangun pengamanan pantai (Foto : FK for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANGKA TENGAHPantai Arung Dalam Bangka Tengah terus dibenahi sebagai salah satu potensi wisata.

Pantai yang berada ditepi jalan nasional jalur Pangkal Pinang - Bangka Tengah - Bangka Selatan ini, tepatnya pintu masuk Kota Koba, sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal dan regional termasuk wisatawan asal Sumatera Selatan. 

Advertisement

Diketahui, selain Bandar Lampung, Pulau Bangka merupakan surganya pantai bagi warga Sumatera Selatan yang ingin mencari tempat liburan pantai. Provinsi pemekaran Sumatera Selatan ini banyak pilihan pantai yang layak dikunjungi, salah satunya Pantai Arung Dalam.

Maklum selain tempatnya mudah dicapai, para pengunjung yang hadir juga dapat menikmati indahnya sunset (terbenamnya matahari) di pantai tersebut.

Pantai ini terdapat pohon kepala yang berbaris rapi di tepian dan suara debur ombak yang menghempas pasir, pantai yang cantik yang bisa memikat para pengguna jalan nasional tersebut.

Dengan disuguhi pasir putih serta air yang tenang telah menjadikan pantai ini salah satu tempat wisata alternatif bagi masyarakat sekitar.

Biasanya pantai ini akan banyak pengunjung ketika hari minggu atau libur. Tidak sedikit pada sore harinya anak-anak muda berkelompok mendatangi pantai ini, hanya sekedar menghirup aroma pantai dan bercengkrama dibibir pantai.

Ombak yang tenang ini menjadi daya para pengunjung yang datang apalagi Pantai ini sangat mudah dijangkau, yaitu berada tepat di tepi jalan memasuki pintu kota Koba.

Selain tempatnya yang mudah dicapai, pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di pantai ini pada sore harinya. Hal inilah menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata yang favorit daerah ini.

Pantai Arung Dalam mulai dipercantik

Pantai-Arung-Dalam-2.jpgPenamaan Pantai, Wajah Baru Pantai Arung Dalam (Foto : FK for TIMES Indonesia)

Untuk meningkatkan potensi wisata pada tahun 2022 lalu, pantai ini dipercantik malalui pembangunan pengaman Pantai Arung Dalam yang dilengkapi dengan jogging track. Pantai di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) nantinya bisa jadi alternatif liburan keluarga sekaligus pusat olahraga pagi masyarakat setempat.

Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Bangka Belitung Ir. Agus Saputra, S.T, M.T menjelaskan bangunan pengaman pantai berupa onshore breakwater sepanjang 2 km mulai dikerjakan pada tahun 2022 dan selesai tepat waktu.

"Pekerjaan pembangunan pengaman Pantai Arung Dalam yang terletak di kelurahan Arung Dalam, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Provinsi Babel, Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Babel Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI)," ungkapnya.

Pembangunan dikatakan Ketua Angkatan Muba Banyuasin (AMB) ini, dikerjakan oleh PT. Waskita – PT. Cakra, KSO sesuai kontraknya dengan biaya sebesar Rp66, 3 miliar dari sumber dana APBN 2022 (SBSN) dan telah selesai tepat waktu.

"Bangunan pengaman pantai ini berfungsi untuk mengamankan ruas jalan yang merupakan akses penghubung jalan nasional antara Kota Pangkal Pinang – Bangka Tengah – Bangka Selatan," terang Pria asal Banyuasin Sumatera Selatan ini.

Dia mengatakan pembangunan ini sebagai upaya tindakan untuk mengamankan pantai dari terjadinya abrasi dan menahan gelombang tinggi sehingga mengurangi resiko terjadinya banjir rob dan memudahkan lalu lintas.

"Tidak hanya itu, pembangunan juga dilengkapi upaya mempercantik potensi wisata Partai Arung Dalam sehingga dapat menunjang aktivitas wisata Pantai Arung Dalam dan sekitarnya, sehingga semakin ramai pengunjung serta aktifitas ekonomi semakin meningkat," ungkap Alumni ITB ini.

Agus menambahkan pekerjaan di Pantai Arung Dalam ini, dapat diselesaikan selama 5 bulan selama tahun 2022. "Dengan selesainya pembangunan pengaman Pantai bernuansa wisata ini semakin memperindah Kelurahan Arung Dalam serta memperkuat pantai dari banjir Rob,"ujar Agus Saputra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES