Wisata

Air Mancur Menari di Telaga Ngebel Ponorogo, Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan

Minggu, 29 Januari 2023 - 13:44 | 157.87k
Air mancur menari di Telaga Ngebel Ponorogo jadi magnet untuk menarik pengunjung. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Air mancur menari di Telaga Ngebel Ponorogo jadi magnet untuk menarik pengunjung. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOAir mancur menari di Telaga Ngebel benar-benar menjadi magnet yang begitu kuat untuk menarik pengunjung. Dengan tampilan eksklusif air mancur menari itu menjadikan pengunjung terus berdatangan.

Air mancur menari atau nama bekennya water fountain yang diresmikan Bupati Sugiri Sancoko pada malam pergantian tahun 2023 lalu menjadikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Telaga Ngebel berlipat jumlahnya.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi, hasil penjualan tiket masuk kawasan wisata Telaga Ngebel sempat tembus Rp89 juta sehari setelah ada destinasi air mancur menari.

"Sumbangsihnya sangat berarti untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) Ponorogo dari sektor pariwisata," ucap Judha Minggu (29/1/2023).

Air-mancur-2.jpg

Pihaknya pun berhitung, sokongan PAD dari tiket masuk Telaga Ngebel naik berlipat ganda setelah beroperasinya air mancur menari. Apalagi, pelaku usaha dan jasa wisata di kawasan itu mulai sadar tema, dengan memberikan tips-tips menarik.

‘’Bagian dari pelayanan untuk menarik pengunjung,’’ ungkap Judha.

Nilai lebih air mancur menari di Ngebel adalah instalasi pipa sengaja dipasang di bawah permukaan telaga. Berbeda dengan air mancur menari di sejumlah daerah yang dibangun di taman kota.

"Air mancur menari di Telaga Ngebel dilengkapi peranti teknologi yang bisa mengatur keluarnya air sehingga pola semburan bervariasi serta enak dipandang. Belum lagi, kerlap-kerlip lampu dengan paduan warna cantik dan iringan musik membuat air seolah menari mengikuti irama," sebut Judha.

Air-mancur-3.jpg

Ia pun mengaku, setelah adanya destinasi air mancur menari pada hari-hari biasa penjualan tiket masuk ke Telaga Ngebel mencapai kisaran Rp6-15 juta, dan jumlah itu naik signifikan dengan sebelum adanya air mancur menari.

"Harus diakui setelah adanya air mancur menari penjualan tiket naik hasilnya berlipat. Jika sebelumnya pukul 19.00 WIB seputaran Telaga Ngebel sepi, kini sejak ada pertunjukan air mancur menari menjadi ramai, bahkan sampai pukul 23.00 WIB masih ramai pengunjung," ungkap Kepala Disbudparpora Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi.

Sementara Caman Ngebel Dwi Cahyanto mengatakan, sejak adanya destinasi air mancur menari pengunjung ke obyek wisata Telaga Ngebel meningkat luar biasa. Jika sebelumnya hanya sampai sore, kini tidak sedikit pengunjung pada malam hari. "Apalagi saat weekend, peningkatan pengunjung sangat luar biasa sejak ada air mancur menari," tukas Camat Ngebel Ponorogo, Dwi Cahyanto.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES