Wisata

Menikmati Keindahan Alam Green Canyon Pangandaran dengan Biaya Terjangkau

Kamis, 02 Februari 2023 - 02:59 | 203.96k
Pemandangan alam sungai Green Canyon di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Tangkapan layar lokasi Green Canyon)
Pemandangan alam sungai Green Canyon di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Tangkapan layar lokasi Green Canyon)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Untuk menikmati keindahan alam jalur sungai Green Canyon Pangandaran wisatawan bisa berlibur sepuasnya dengan biaya terjangkau.

Sungai Green Canyon yang berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini populer sejak tahun 1993.

Sungai Green Canyon Pangandaran ini pertama dipopulerkan oleh seorang turis asal Perancis yang bernama Bill John.

Sebelum populer disebut Green Canyon, sungai tersebut memiliki nama Cukang Taneuh. Kata itu merupakan Bahasa Sunda, Cukang artinya jembatan dan Taneuh artinya tanah.

Ketua Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Green Canyon Pangandaran, Iyus mengatakan, lokasi sungai Green Canyon wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata dengan biaya yang sangat terjangkau.

Mayoritas wisatawan yang berlibur ke sungai Green Canyon melakukan aktivitas susur sungai dengan menggunakan sebuah perahu. Aktivitas lainnya juga bisa dilakukan di sungai Green Canyon seperti body rafting dan berenang.

Pemandangan-alam-sungai-Green-Canyon-b.jpgPengunjung nampak menikmati suasana sungai Green Canyon di atas perahu. (Foto: Tangakapan layar video unggahan instagram ridwankamil)

Harga paket wisata di sungai Green Canyon Pangandaran untuk aktivitas body rafting termasuk sewa perahu jalur waktu singkat senilai Rp200.000 sedangkan perjalanan waktu lama senilai Rp225.000.

Jarak tempuh menuju sungai Green Canyon dari Jalan Raya Pangandaran ke Cijulang hanya memerlukan waktu selama 41 menit perjalanan darat dengan jarak tempuh 26,1 kilometer dari Bundaran Marlin Pangandaran.

Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil terpesona oleh pemandangan indah yang ada di sungai Green Canyon Pangandaran itu.

Melalui akun media sosial Instagram ridwankamil, orang nomor satu di Jawa Barat itu memposting sebuah video berdurasi 35 detik dan dikomentari sebanyak 6.558.000 komentar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil memberi caption pada postingannya. "Indahnya Nusantara, ada tempat indah seperti ini di bumi Pasundan. Kira-kira ini di mana tempatnya," tulis Ridwan Kamil.

Melepas Lelah dan Penat di Wisata Sungai Green Canyon Pangandaran

Berwisata ke sungai Green Canyon Pangandaran sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan stres akibat beban pekerjaan dan cocok juga untuk melepas penat atau kebosanan.

Selain harga paket wisata yang terjangkau, sungai Green Canyon juga memiliki cerita tutur dan tercatat pada kitab Kacijulangan.

Tekstur alam yang ada di sekeliling sungai Green Canyon Pangandaran sepintas menyerupai lembah yang berbentuk seperti tanah akibat erosi sungai.

Mungkin saja lembah itu merupakan sisa erosi sungai yang terjadi jutaan tahun silam sehingga kini tekstur alamnya terlihat indah dan mempesona.

Sebutan Green Canyon Pangandaran yang memiliki nama asal Cukang Taneuh itu pun tidak beda indahnya dengan lokasi Green Canyon yang ada di Negara Amerika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES