Wisata

Ini 6 Desa Tertinggi di Kabupaten Majalengka dengan Ikon Keindahannya

Kamis, 02 Februari 2023 - 15:00 | 128.92k
Ilustrasi salah satu desa tertinggi di Kabupaten Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)
Ilustrasi salah satu desa tertinggi di Kabupaten Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sekitar 36,97 persen dari luas wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat merupakan dataran tinggi.

Maka, sebagian letak geografis daerah pemukiman yang dihuni oleh penduduknya berada di perbukitan.

Dan dihimpun dari berbagai sumber, ada setidaknya 6 desa di Majalengka yang letaknya berada di ketinggian dengan ikon pesona keindahan yang dimilikinya.

Daftar 6 Desa Tertinggi nan Indah di Kabupaten Majalengka

1. Desa Tejamulya 

Desa-Wisata-2.jpg

Pemukiman yang letaknya berada di Kecamatan Argapura dengan memiliki luas wilayah sekitar 3,16 km² ini berdiri di atas dataran tinggi 1.309 mdpl.

Menurut sensus tahun 2020, Desa Tejamulya dihuni oleh 2.103 jiwa. Desa Tejamulya terdiri dari 3 dusun, 5 RW dan 16 RT.

Salah satu tempat yang menjadi ikon di desa ini adalah Dusun Cibuluh, lantaran disebut mirip pemukiman Sherpa di Nepal yang penduduknya hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya.

2. Desa Cipulus

Desa Cipulus yang berada di Kecamatan Cikijing ini memiliki luas wilayah sekitar 3,45 km². Desa ini merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 1.269 mdpl.

Menurut data sensus tahun 2020, jumlah penduduk desanya ada 2.577 jiwa. Mereka menetap di tiga dusun. Salah satu ikon destinasi yang terdapat di desa ini adalah Bukit Kanaga.

Bukit Kanaga ini tersohor akan keindahan hamparan hutan pinusnya. Maka tak heran, jika pesona dari keasrian dan kesejukan udaranya itu kerap dikunjungi wisatawan untuk dijadikan tempat camping atau sebatas rekreasi.

3. Desa Argalingga

Desa-Wisata-3.jpg

Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Argapura ini memiliki luas wilayah sekitar 2,44 km². Wilayah Desa Argalingga berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.257 mdpl. 

Jumlah penduduknya berdasarkan data sensus pada tahun 2020 ada sebanyak 3.579 jiwa. Secara administratif, Desa Argalingga terbagi menjadi 5 Dusun, 15 RT dan 5 RW. 

Salah satu tempat yang menjadi ikon di Desa Argalingga ini adalah Taman Bunga Bee Park yang menampilkan keindahan aneka ragam koleksi tanaman bunga.

4. Desa Argamukti

Desa yang berdiri di atas ketinggian 1.235 mdpl dengan luas wilayah sekitar 3,40 km² ini terletak di Kecamatan Argapura.

Desa Argamukti terbagi menjadi 5 Dusun dengan 11 RT dan 5 RW dengan dihuni oleh penduduknya sebanyak 2.601 jiwa dengan mata pencaharian rata-rata bertani.

Destinasi wisata yang menjadi ikon di Desa Argamukti ini adalah Curug Muara Jaya yang merupakan Curug tertinggi di Majalengka.

5. Desa Gunungmanik

Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Talaga ini memiliki luas wilayah sekitar 7,99 km². Desa ini merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 1.169 mdpl.

Jumlah penduduknya di desa Gunungmanik ini yaitu 3.231 jiwa yang menetap di 5 dusun dengan 31 RT dan 5 RW. Salah satu tempat yang menjadi ikon Desa Gunungmanik ini adalah kawasan bumi perkemahan Gunung Putri.

6. Desa Sukasari Kidul

Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura merupakan salah satu sentra sayuran di Kabupaten Majalengka. Desa yang berada di ketinggian 857 mdpl ini memiliki destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam cantik nan asri, yakni terasering Panyaweuyan.

Terasering Panyaweuyan merupakan gugusan bukit yang ditanami oleh penduduk desa dengan sayuran seperti daun bawang, bawang merah, selada dan lainnya.

Itulah keenam desa di Kabupaten Majalengka yang berada di ketinggian dengan ikon pesona keindahannya. Penasaran? Tak ada salahnya Anda berencana mengunjunginya sebagai referensi tempat berlibur di akhir pekan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES