Wisata

Museum Brawijaya Malang, Wisata Edukasi Perjuangan Bangsa Indonesia

Sabtu, 04 Februari 2023 - 06:08 | 284.84k
Foto tampak depan Museum Brawijaya dan terdapat patung Jendral Sudirman. (Foto: Ilham Asdika Surya Permana/TIMES Indonesia)
Foto tampak depan Museum Brawijaya dan terdapat patung Jendral Sudirman. (Foto: Ilham Asdika Surya Permana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGMuseum Brawijaya menjadi salah satu lokasi wisata edukasi di Malang. Museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah hasil perjuangan rakyat Indonesia yang ada di Kota Malang.

Lokasinya mudah dijangkau, di Jalan Besar Ijen No.25A, Kota Malang.

Museum ini digagas pada tahun 1962 oleh Brigjen TNI (Purn) Soerachman, yang merupakan Pangdam Brawijaya) Sedangkan pembangunan dimulai pada tahun 1967 dan selesai 1968. Bangunan ini diresmikan oleh Kolonel Soewondo pada tanggal 4 Mei 1968.

Letnan Dua (Letda) Arhanud Supriono, Kepala Museum Brawijaya mengatakan, pemberian nama Museum ini berdasarkan keputusan Pangdam VIII/Brawijaya tanggal 16 April 1968 dengan sesanti 'Citra Uthapana Cakra' yang berarti sinar yang membangkitkan semangat.

Mobil-sedan-kuno.jpgMobil sedan kuno warna hitam koleksi Museum Brawijaya. Mobil ini diproduksi oleh pabrik Desoto USA tahun 1941 dan pernah dikendarai Panglima Divisi I/ Jawa Timur, Kolonel Sungkono.

Museum Brawijaya memiliki lima tempat koleksi yaitu halaman depan, ruang lobby, ruang 1, ruang 2, dan halaman tengah. 

Yang pertama, halaman depan adalah taman senjata yang bernama 'Agne Yastra Loka' yang berarti taman senjata yang diperoleh dari api revolusi 1945.

Di taman tersebut terdapat empat koleksi senjata yang di pamerkan yaitu tank buatan Jepang hasil rampasan arek arek Suroboyo pada bulan Oktober 1945. Senjata penangkis serangan udara yang direbut dari tentara Jepang saat pertempuran pada bulan September 1945,

Meriam si Buang yang berhasil dirampas dari Belanda pada serangan 10 Desember 1945, dan yang terakhir tank amfibi milik Belanda yang berhasil dirampas oleh Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) yang hendak menduduki kota Malang pada masa Perang Kemerdekaan.

Museum-Brawijaya-2.jpgTank Amfibi AM Track yang terdapat di halaman depan Museum Brawijaya. (Foto: Ilham Asdika Surya Permana/TIMES Indonesia)

Kedua, ruang lobi yang berada di tengah-tengah antara ruang 1 dan ruang 2. Terdapat foto Panglima Kodam dari Jawa Timur mulai tahun 1945 sampai sekarang. Serta terdapat dua relief dan lambang-lambang kodam di Indonesia. Relief di sebelah utara menggambarkan daerah misi yang pernah dijalani oleh tentara Brawijaya dalam menegakkan kemerdekaan. Sementara relief di sebelah selatan menggambarkan wilayah kekuasaan Majapahit. 

Di sini juga ada mobil sedan kuno warna hitam. Mobil ini diproduksi oleh pabrik Desoto USA tahun 1941 dan pernah dikendarai Panglima Divisi I/ Jawa Timur, Kolonel Sungkono.

Ketiga, ruang 1 terdapat alat radio yang pernah digunakan oleh Denhub Brawijaya, burung merpati yang digunakan sebagai kurir pada masa penjajahan Jepang, katana hasil rebutan dari Jepang, dan lukisan yang menggambarkan pertempuran 10 November 1945 melawan sekutu.

Museum-Brawijaya-3.jpgKoleksi senjata pada masa Perang Kemerdekaan yang ada di dalam ruangan 1. (Foto: Ilham Asdika Surya Permana/TIMES Indonesia)

Kemudian ada kumpulan senjata hasil rampasan dari lokasi pendudukan musuh pada masa Perang Kemerdekaan.

Ada juga mantel milik Letnan Kolonel Dr. Soebandi, koleksi mata uang yang berlaku di Indonesia pada era revolusi, dan juga senjata milik pasukan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) yang dulu digunakan pada saat pertempuran Gunungsari pada tanggal 28 November 1945.

Keempat, ruang 2 terdapat kumpulan benda mulai tahun 1950 sampai 1976 seperti bejana besi dan meriam hasil rampasan, alat perang yang digunakan pasukan Brawijaya di operasi Trikora untuk merebut irian barat, dan peralatan musik yang digunakan Detasemen Musik Kodam V/Brawijaya.

Gerbong-maut.jpgGerbong maut, saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. (foto: wikimedia)

Selain itu, tersimpan alat perang tradisional dari rakyat Irian Jaya, kumpulan senjata hasil rampasan operasi Trisula ketika penumpasan sisa-sisa PKI di Blitar Selatan pada tahun 1968, komputer pertama yang digunakan Kodam Brawijaya, piala dan penghargaan dari satuan Kodam Brawijaya.

Kelima, halaman tengah terdapat gerbong maut yang menjadi saksi bisu menewaskan sebanyak 35 tahanan rakyat Indonesia di dalamnya saat perjalanan dari Bondowoso menuju Surabaya. Museum Brawijaya juga terdapat perpustakaan yang menyimpan buku-buku dan dokumen sejarah perjuangan TNI yang terkait dengan pengabdian terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES