Wisata

Hai Traveller, Ada Wisata Kampung Kerbau di Savana Rumput Rawa Payau Situbondo, Sejuk dan Nyaman Lo!

Sabtu, 04 Februari 2023 - 16:00 | 164.37k
Dua kerbau sedanga bermain di lokasi savana rumput rawa payau wisata Kampung Kerbau Situbondo. (Foto: Ridwan for TIMES Indonesia)
Dua kerbau sedanga bermain di lokasi savana rumput rawa payau wisata Kampung Kerbau Situbondo. (Foto: Ridwan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Sebuah obyek wisata unik yang mungkin masih belum ditemui oleh para traveller. Di Situbondo, Jawa Timur, ada yang namanya wisata Kampung Kerbau. Kampung ini berada di savana rumput rawa payau, tepatnya di area Tanjung Pecinan, Mangaran, Situbondo.    

Jika di daerah lain, kerbau biasanya diternakkan di dalam kandang dan diberi pakan secara teratur, namun berbeda dengan yang ada di Situbondo. Kerbau dibiakkan secara liar di rawa berumput, sehingga menjadi lokasi wisata yang sangat eksotis.

Wisata itu diberi nama Kampung Kerbau, sebuah destinasi wisata populer yang lagi naik daun sejak viral di berbagai akun media social, baik di instagram dan media sosial lainnya. Di wisata Kampung Kerbau ini, terdapat panorama yang indah dan suasananya yang khas dengan hijaunya alam pegunungan.

Kampung Kerbau merupakan sebuah savana rumput luas dengan rawa payau yang dijadikan lokasi menggembala kerbau oleh masyarakat setempat. Di tempat itu, setiap harinya kerbau milik warga setempat berkeliaran secara bebas. Terkadang juga bersama pengembalanya.

Kerbau-kerbau tersebut dibiarkan secara bebas mencari makan di savana rumput yang ada di wilayah tersebut. Sang pemilik ada yang memperhatikan dari kejauhan, ada pula yang menunggu di area kebau itu bermain dan makan rerumputan di area rawa payau.

Kampung-Kerbau-Situbondo-2.jpgWisatawan sedang menikmati keindahan panorama wisata Kampung Kerbau Situbondi.(Foto: Azkafausiah)

Metode penggembalaan tersebut dilakukan oleh masyarakat setempat untuk membuat kerbau peliharaan mereka tidak stress dan dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, metode tersebut ditujukan untuk mengurangi beban biaya pakan dengan membiarkan kerbau mencari makan secara mandiri.

Ratusan kerbau yang dibiarkan dengan cara tersebut dilepas bebas mencari makan sendiri, kemudian yang membuat daerah tersebut dikenal dengan nama Kampung Kerbau.

Kerbau-kerbau yang biasanya di gembala setiap pagi dan sore hari seakan menyatu dengan warga, dan terlihat jinak nan akrab dengan masyarakat dan pengunjung yang datang menikmati pesona alam di Kampung Kerbau itu.

Ridwan, salah satu pengunjung yang datang ke Kampung Kerbau Situbondo mengungkapkan, daya tarik dari Kampung Kerbau terletak dari panorama alamnya yang indah.

"Pemandangan di sini itu bagus banget, hijau dan segar. Cocok banget untuk refreshing saat lelah dengan kesibukan dan rutinitas pekerjaan. Rasanya segar sekali," aku Ridwan, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (4/2/2023).

Selain savana rumput hijau nan indah sepanjang mata memandang, Kampung kerbau juga memiliki suasana eksotis khas yang tercipta berkat lokasinya yang dekat dengan pesisir pantai.

Kampung-Kerbau-Situbondo-3.jpgWisatawan sedang menikmati keindahan panorama wisata Kampung Kerbau Situbondi.(Foto: Azkafausiah)

"Anginnya itu menyejukkan sekali. Belum suara ombak pantai yang menenangkan. Destinasi wisata yang cukup menenangkan," tutur Ridwan.

Berkat lokasinya yang berdekatan dengan pantai, selain memiliki savana rumput dan rawa payau alami, Kampung Kerbau juga memiliki panorama senja yang eksotis dan menawan.

"Biasanya kami ke sini sore-sore. Sepulang kerja sempetin mampir untuk hilangin beban dan penat sejenak. Senjanya itu lo! Indah banget," ucap Ridwan, sembari  mengajak para traveler lainnya.

Paket komplit Kampung Kerbau dari mulai keindahan panorama, keunikan masyarakat, eksotisme kerbau dipadu manis dengan suasana senja yang begitu menawan membuat Kampung Kerbau secara cepat menjadi jujukan wisata populer.

Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan panorama Kampung Kerbau Situbondo, tidak perlu repot dan takut karena destinasi wisata yang satu ini tidak dikenakan biaya masuk sama sekali.

"Kampung Kerbau ini rasanya seperti Hidden Gem banget. Panoramanya indah, biaya masuknya gratis. Benar-benar anugrah," tambah Ridwan, sambil memotret teman-temannya.

Mendapatkan popularitas yang cukup pesat, peternak kerbau di Kampung Kerbau Situbondo menanggapi positif fenomena tersebut.

"Kami cukup senang dengan mulai ramai dan dikenalnya daerah Kampung kerbau ini. Selain bukti dari panorama alam yang indah, nilai unik metode pemeliharaan kerbau kami juga mulai dilirik," jelas Budi, seorang peternak kerbau setempat.

"Kami harap para pengunjung yang datang dapat berlaku bijak dan tetap menjaga ekosistem dan tidak membuang sampah sembarangan di wisata Kampung Kerbau Situbondo di savanna rumput rawa payau ini," pinta Budi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES