Wisata

Petung Park Trowulan Mojokerto, Suguhkan Wisata khas Pedesaan 

Senin, 06 Maret 2023 - 11:58 | 69.64k
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati (tengah) pada saat peresmian Petung Park. Sebuah wisata baru usung konsep khas pedesaan. (Dok. Kominfo for TIMES Indonesia)
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati (tengah) pada saat peresmian Petung Park. Sebuah wisata baru usung konsep khas pedesaan. (Dok. Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Dusun Jibru, Desa Belik, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto punya wisata baru. Namanya wisata Petung Park. Wisata buatan dengan konsep nuansa pemandangan khas pedesaan dan persawahan dengan background bambu petung (pring petung).

Wisata Petung Park ini diresmikan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, Minggu (5/3/2023) lalu. Ia berharap wisata ini mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung di Trowulan yang merupakan tempat situs-situs bersejarah kerajaan Majapahit.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan bahwa agenda sedekah bumi merupakan kearifan lokal yang berupa memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dimana kedatangannya disambut oleh Arak-arakan gunungan berisi jajanan dan hasil bumi pun turut mengiringi langkah Bupati Ikfina menuju lokasi wisata.

“Sedekah bumi ini adalah kearifan lokal, menunjukkan warga sangat kompak dan gotong royongnya luar biasa. Mudah-mudahan ketika kita bersyukur dengan nikmat yang sudah diberikan, mudah-mudahan dengan ini Allah semakin memberikan kenikmatan yang lebih,” ungkapnya dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Senin (6/3/2023).

Selain itu, Bupati Ikfina juga menegaskan agar masyarakat turut melestarikan tumbuhan bambu jenis petung yang merupakan tanaman penyimpan air yang sangat bagus. 

“Pohon bambu ini harus dijaga kelestariannya, bagaimana bambu petung tetap lestari di sini. Karena wisata ini kan iconnya bambu petung,” ujarnya. 

Pemilihan nama Petung Park sangatlah cocok mengingat lokasi wisata yang berada di antara lahan yang ditumbuhi bambu di samping area persawahan warga. Bangunannya pun tampak alami karena terbuat dari batang-batang bambu. 

Bupati Ikfina berharap, Petung Park dapat menjadi salah satu lokasi yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Dusun Jibru, Desa Belik. Dengan adanya Petung Park ini, telah menambah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto. Ini merupakan wisata yang dikelola oleh desa sebagai salah satu upaya untuk menjadikan desa mandiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES