Wisata

Masjid Apung Pancer Door Lokasi Favorit Ngabuburit Ramadan 2023

Kamis, 06 April 2023 - 17:16 | 81.07k
Masjid Apung Pancer Door Pacitan menjadi  tempat favorit ngabuburit Ramadan 2023. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Masjid Apung Pancer Door Pacitan menjadi tempat favorit ngabuburit Ramadan 2023. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANMasjid Apung Pancer Door Kabupaten Pacitan, Jawa Timur menjadi salah satu lokasi favorit untuk ngabuburit Ramadan 2023. Masjid ini berada di ujung timur Pantai Pancer Door.

Keberadaan Masjid Apung Pancer Door seolah menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk datang menikmati keunikan dari sisi bangunan, interior maupun lokasinya yang memiliki aura positif. 

Meski pernah hanyut lantaran diterjang banjir, beberapa waktu lalu Masjid Agung Pancer Door mulai dibangun kembali. Kali ini tampaknya kini lebih kokoh dari sebelumnya. Nuansa kayu lebih kental namun tanpa meninggalkan ciri khasnya yakni bambu petung dan anyaman indah. 

Pengunjung Masjid Apung ini bervariatif, mulai kanak-kanak, remaja, hingga dewasa mereka kerap berdatangan menikmati suasana muara Sungai Grindulu sambil tadabur alam. 

Tidak hanya masyarakat lokal saja yang memanfaatkan keberadaan masjid tersebut, namun banyak wisatawan dari luar Pacitan tertarik datang untuk beribadah dan melihat secara langsung keunikan Masjid Apung.

Selama Ramadan 2023, Masjid Apung Pancer Door menjadi pusat kegiatan keagamaan, yakni tadarus Alquran dan shalat tarawih. Para santri Perguruan Islam Pondok Tremas biasanya bergiliran mengisi dan membaur bersama jemaah kalangan umum. 

"Suasananya nyaman dan sejuk cocok untuk ngabuburit bersama keluarga. Ramadan tahun 2022 lalu saya juga sempatin ke sini," kata pengunjung asal Ponorogo bernama Rio Setiadi (34), Kamis (6/4/2023). 

Senada dikatakan pelancong asal Sukoharjo, Jateng bernama Taufiq Isnandar (28), bisa berkunjung ke Masjid Apung merupakan pengalaman berharga bagi dirinya. 

"Unik sih, baru pertama ini tahu kalau ada masjid di atas muara sungai, paling cocok sore hari kaya gini kan adem," ujarnya kepada TIMES Indonesia. 

Sementara itu, inisiator Masjid Apung Pancer Door KH Fuad Chabib Dimyathi sendiri menghendaki jika keberadaannya hanya digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT dan kegiatan yang bermanfaat. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Masjid Apung Pancer Door, kini akses jalannya sudah cukup bagus dan mudah dijangkau berbagai jenis kendaraan. Area masjid unik ini dilengkapi dengan taman indah, kolam, spot foto dan MCK yang cukup memadai. Pantas saja menjadi lokasi favorit ngabuburit Ramadan 2023 di Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES