Wisata

Lima Rekomendasi Destinasi Wisata Kabupaten Probolinggo saat Libur Lebaran 2023

Jumat, 21 April 2023 - 06:21 | 126.63k
Pantai Bentar masih jadi andalah Pemkab Probolinggo untuk memanjakan pengunjung di momen libur lebaran 2023. (Foto Dok TIMES Indonesia)
Pantai Bentar masih jadi andalah Pemkab Probolinggo untuk memanjakan pengunjung di momen libur lebaran 2023. (Foto Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Memiliki wilayah luas dengan geografis lengkap, dimaksimalkan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo berupa destinasi wisata. Momen libur lebaran 2023 pun bisa dinikmati di sini, dengan pilihan lima wisata andalan.

Sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia saat libur lebaran. Selain berkunjung ke sanak saudara. Tempat wisata juga menjadi tempat menghabiskan libur hari raya Idul Fitri.

Nah, jika anda ingin liburan di momen lebaran tahun ini di Kabupaten Probolinggo, TIMES Indonesia merekomendasikan lima destinasi wisata untuk anda.

1. Gunung Bromo

Destinasi wisata yang satu ini sudah tak perlu diperdebatkan lagi keindahannya. Eksotik. Bak lukisan dari Yang Maha Kuasa.

Gunung Bromo tidak hanya dikenal masyarakat Indonesia. Pelancong mancanegara sudah banyak yang mengetahui gunung di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo ini.

Tak heran jika Kabupaten Probolinggo menjadikan Gunung Bromo sebagai destinasi andalah. Meski pengelolannya berbagi dengan pemerintah pusat.

Setiap momen libur lebaran, wisata alam ini dijujugi banyak pengunjung. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada H+3 libur lebaran 2022 saja, jumlah pengunjung Gunung Bromo sebanyak seribu orang.

2. Pantai Bentar

Pantai Bentar merupakan destinasi wisata pantai tertua di Kabupaten Probolinggo. Berbagai fasilitas terus dikembangkan di Pantai Bentar, meski boleh dibilang sangat lambat.

Pantai Bentar terletak di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending. Lokasinya destinasi ini berdampingan dengan ruas jalan nasional. Sangat strategis.

Saban libur lebaran, Pantai Bentar dijubeli pengunjung. Tak heran jika Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengandalkan tempat ini untuk mendulang pendapatan asli daerah (PAD), termasuk saat momen libur lebaran.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan. Keindahan pantainya itu sudah pasti, dengan panorama matahari terbenam memesona. Ada pula anjungan yang memecah air laut dengan ombak tenang.

Pantai Bentar juga punya kolam renang, danau buatan lengkap dengan wahana permainan air, serta koleksi satwa dengan jumlah tak banyak.

Ada pula miniatur bangunan khas Eropa seperti kincir angin Belanda, dan menara Eifel Prancis. Nah, saat libur lebaran setiap tahunnya Pantai Bentar selalui dipenuhi pengunjung.

3. Bermi Eco Park

Bermi Eco Park masih tergolong baru di dunia wisata Kabupaten Probolinggo. Akan tetapi, campur tangan swasta dalam pengembangannya mampu menyedot banyak pengunjung. Meski lokasinya berada di lereng Gunung Argopuro.

Ya, Bermi Eco Park masuk wilayah Desa Bermi, Kecamatan Krucil. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota, namun pengunjung tidak kapok untuk berkunjung.

Tentu karena fasilitas dan wahana yang tersedia di Bermi Eco Park sangat menarik. Juga didukung akses jalan yang bagus, sehingga banyak pengunjung yang datang ke sana. Ditambah lagi tiketnya yang sangat murah, yakni hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Dipastikan, momen libur lebaran 2023 ini Bermi Eco Park akan banyak dikunjungi wisatawan. Sama saat libur lebaran tahun-tahun sebelumnya.

4. Pantai Duta

Wisata pantai ini juga berkembang karena sentuhan pihaka swasta. Gelontoran dana dari program CSR telah menyulap garis pantai yang dulunya biasa saja menjadi luar biasa.

Pantai Duta sendiri masuk wilayah Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. Memang, letaknya tak seperti Pantai Bentar yang berada di pinggir jalan nasional. Tapi fasilitas dan panorama yang ditawarkan Pantai Duta tetap menggoda.

Karena itu, Pantai Duta wajib dikunjungi saat libur lebaran 2023. Dijamin, momen libur lebaran anda bersama keluarga semakin lengkap,

5. Pantai Bohay

Wisata Pantai Bohay dan Pantai Duta sama-sama masuk wilayah Kecamatan Paiton. Tapi untuk Pantai Bohay letaknya di dekat perbatasan Probolinggo dan Situbondo.

Pantai Bohay sendiri berada di kawasan PLTU Paiton. Tapi tenang saja. Lokasinya tetap nyaman dan asri. Juga aman bagi pengunjung meski dekat dengan pembangkit listrik.

Selain menawarkan garis pantai. Wisata ini juga dikenal dengan kulinernya. Aneka olahan seafood bikin lidah tak henti mencicipi.

Jadi, selain dua wisata pantai di atas, Pantai Bohay direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati libur lebaran 2023.

Itulah lima rekomendasi destiasi wisata Kabupaten Probolinggo yang bisa anda nikmati saat libur lebaran 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES