Wisata

Rekomendasi Wisata Museum di Malang

Senin, 24 April 2023 - 14:33 | 79.09k
Suasana Museum Mpu Purwa Malang. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Suasana Museum Mpu Purwa Malang. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Malang adalah salah satu tujuan destinasi wisata populer di Jawa Timur. Selain panorama alamnya yang indah dan sejuk, Malang juga banyak menyimpan jejak peninggalan-peninggalan bersejarah. Mulai bangunan kolonial Belanda, seni budaya hingga artefak kerajaan di Nusantara. 

Malang juga memiliki wisata edukasi yang terpusat di dalam gedung museum. Berikut rangkumkan rekomendasi wisata museum di Malang versi TIMES Indonesia yang cocok dikunjungi saat liburan tiba. 

1. Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Museum ini menjadi aset Kota Malang yang tak ternilai harganya.  Pasalnya, museum ini menyimpan jejak peradaban lima kerajaan besar di nusantara. Mulai Kerajaan Kanjuruhan, Singhasari, Kadiri, Mataram Kuno hingga Majapahit. 

Terdapat beberapa masterpeace di Museum Mpu Purwa ini. Seperti arca Makara, Brahma Caturmuka, Siwa Mahaguru, Prasasti Bunul atau Ganesya Bunulrejo, Siwa Mahaguru atau Agastya, Ganesha Tikus, Bodhisatwa Awalokiteswara dan Prasasti Dinoyo 2. Total, ada sekitar 136 koleksi mulai artefak, arca hingga prasasti yang menjadi bukti kemegahan 5 kerajaan tersebut. 

2. Museum Brawijaya

Berlokasi di Jalan Besar Ijen, Kota Malang, Museum Brawijaya ini menjadi bukti jejak perjuangan para pahlawan di Malang. Museum ini menyimpan koleksi benda benda bersejarah. Mulai dari arsip, kendaraan militer hingga senjata yang digunakan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.  

Di museum ini juga tersimpan jejak perjuangan para pahlawan muda yang terhimpun dalam Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Jejak mereka menjadi simbol keberanian dan perjuangan pemuda di Kota Malang dalam mengusir kolonial Belanda. 

3. Museum Musik Indonesia (MMI)

Museum ini terletak di Jalan Nusakambangan, Kota Malang. MMI ini menyimpan ribuan koleksi kaset dan piringan berisi rekaman musik original di Indonesia bahkan luar negeri. Mulai musik keroncong, pop tempo dulu hingga rock ada di sini. Selain itu, juga terdapat alat musik tradisional hingga kostum kostum bersejarah dari musisi di tanah air. Semua tersimpan dengan rapih dan apik di museum ini. 

Di tempat ini, pengunjung bisa menelusuri jejak jejak perkembangan musik di Indonesia. Mulai awal mula keberadaan musik keroncong di Indonesia hingga jejak karya musik dari Bung Karno. Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat jejak kejayaan musik rock di Malang yang pernah menjadi barometer musik di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES