Wisata

Monumen Lokomotif D 301 13, Tak Hanya Tempat Swafoto Tapi Juga Kenang Sejarah Kereta Api Indonesia

Sabtu, 30 September 2023 - 19:44 | 128.03k
Monumen Lokomotif D 301 13 yang cocok untuk swafoto atau sekedar tempat nongkrong. (Foto: Dok. Humas KAI Daop 9 Jember)
Monumen Lokomotif D 301 13 yang cocok untuk swafoto atau sekedar tempat nongkrong. (Foto: Dok. Humas KAI Daop 9 Jember)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Bertepatan dengan momentum peringatan HUT ke-78 KAI, Bupati Jember, Hendy Siswanto meresmikan Monumen Lokomotif D 301 13 di Jl. PB Sudirman, Jember, Sabtu (30/9/2023). 

Kini, Monumen Lokomotif D 301 13 sudah dapat dinikmati oleh masyarakat Jember maupun para pelanggan yang akan naik maupun turun dari kereta api di Stasiun Jember untuk swafoto atau sekedar nongkrong di lokasi.

Mulyani, Vice President KAI Daop 9 Jember menjelaskan latar belakang pembangunan Monumen Lokomotif D 301 13 tersebut adalah sebagai landmark atau penanda kawasan stasiun dan area perkantoran KAI.

Selain itu, Monumen Lokomotif D 301 13 juga untuk mengenang lokomotif seri D301 13 yang pernah beroperasi di Stasiun Jember. “Lokomotif seri D301 didatangkan dari pabrik Fried Krupp, Jerman ke Indonesia oleh oleh DKA (Djawatan Kereta Api) pada tahun 1961-1962 sebanyak 80 unit, salah satunya seri D301 13 ini. Selanjutnya pada periode tahun 1986–1991, lokomotif dengan berat 28 ton ini tercatat pernah beroperasi di Stasiun Jember sebagai lokomotif langsir,” ungkap Mulyani.

Lebih lanjut, pembangunan Monumen Lokomotif D 301 13 ini juga ditujukan sebagai tempat edukasi sejarah sekaligus menandai langkah awal KAI untuk mengembangkan Stasiun Jember. 

"Hal ini sejalan dengan rencana dari Pemerintah Jember yang akan menata beberapa kawasan di Jember supaya menjadi lebih cantik. Stasiun sebagai salah satu pintu masuk ke Kabupaten Jember tentu juga akan berbenah,” jelasnya.

Dengan kehadiran Monumen Lokomotif seri D301 13 tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu ikon baru di Kabupaten Jember yang dapat menjadi magnet untuk mendorong masyarakat berkunjung ke Jember.

“Monumen ini hadir menjadi kebanggaan kita semua. Untuk itu, KAI mengajak masyarakat yang nantinya berkunjung baik itu untuk swafoto atau sekedar nongkrong, agar ikut menjaga dengan tidak merusak fasilitas yang sudah tersedia, tidak melakukan corat-coret dan menjaga kebersihan di lokasi, agar keindahan monumen lokomotif ini dapat terus kita nikmati bersama,” pesan Vice President KAI Daop 9 Jember.

Untuk diketahui, selain beroperasi di Jember, Monumen Lokomotif D 301 13 ini adalah juga sebagai penanda sejarah bahwa lokomotif D 301 13 juga pernah bertugas di Stasiun Madiun dan mulai tahun 2001 lokomotif ini dipindahtugaskan di wilayah Daop 5 Purwokerto sebagai lokomotif langsir di beberapa stasiun, mulai dari Purwokerto, Kroya, Maos dan terakhir di Stasiun Cilacap sampai dinyatakan tidak siap guna dan dikeluarkan dari armada operasi pada tahun 2018. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES