Wisata

Danau Rana Kulan: Oase Eksotik di Pelukan Manggarai Timur, NTT

Selasa, 17 Oktober 2023 - 07:25 | 65.85k
Danau Rana Kulan di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT. (Foto: Erthus/TIMES Indonesia)
Danau Rana Kulan di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT. (Foto: Erthus/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MANGGARAI TIMUR – Di tengah keringnya daratan Nusa Tenggara Timur (NTT), tersimpan sebuah oasis eksotik yang menawarkan pesona keindahan dan kesejukan. Tempat itu adalah Danau Rana Kulan.

Danau ini terletak di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT. Bak surga tersembunyi, danau ini menjadi permata tersembunyi yang siap memanjakan setiap pengunjung dengan keindahan alamnya yang memesona.

Danau dengan panjang mencapai 5 kilometer dan lebar sekitar 30 meter ini, seperti sebuah lukisan alam yang sempurna. Air danau yang tenang berpadu dengan hijau lush vegetasi di sekitarnya, menciptakan panorama yang begitu menyegarkan.

Beragam aktivitas pun dapat dinikmati di sini. Mulai dari memancing ikan tawar, mengamati burung angsa dan itik yang berenang dengan tenang, hingga menjelajahi keindahan alam di sekitarnya.

Suasana damai terasa begitu kental saat mengunjungi danau ini. Angin sepoi-sepoi yang berhembus menambah kesejukan dan kenyamanan, membuat pengunjung seolah terbuai dan lupa dengan kepenatan.

Kepala Desa Rana Kulan, Fransiskus Sanjaya, mengatakan wisata ini masih dalam tahap promosi sehingga pengunjung dapat menikmati semua keindahan ini tanpa dipungut biaya.

"Silahkan menikmati wisata ini," ucap Sanjaya.

Danau Rana Kulan tidak hanya menawarkan keindahan danau saja, sekitarnya juga terdapat beragam spot wisata menarik lainnya seperti Gua Alam Tetes Tana, Air Panas, dan Padang Savana Satar Wangkung. Bagi para petualang, danau ini seakan menjadi surga dengan berbagai opsi kegiatan yang dapat dilakukan seperti panjat tebing dan arung jeram di Sungai Wae Lampang.

Tiga Jam dari Ruteng

Akses menuju Danau Rana Kulan cukup mudah. Dari Ruteng, Kabupaten Manggarai, pengunjung dapat menempuh perjalanan sejauh 60 KM dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sedangkan dari Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, perjalanan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 90 KM dengan waktu tempuh 4 jam.

Danau Rana Kulan, sebuah destinasi wisata yang menggabungkan eksotisme alam dengan ragam aktivitas menarik, siap menjadi pilihan destinasi wisata terbaik di Manggarai Timur, NTT, yang akan membuat pengalaman wisata Anda menjadi tak terlupakan.

Sebuah pengalaman tak terlupakan menanti di Danau Rana Kulan. Di sini, waktu seolah berhenti, memperbolehkan setiap pengunjung untuk benar-benar menyatu dengan alam. Langit biru yang cerah, air danau yang jernih, dan hamparan hijau alam sekitar, menjadi kombinasi sempurna yang menenangkan hati dan jiwa.

Pada saat hari mulai senja, danau ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang begitu indah dan romantis. Orang-orang dapat duduk di tepi danau, menikmati semilir angin sambil menyaksikan perpaduan warna-warna indah yang menciptakan lukisan natural di langit.

Promosikan Agrobisnis Lokal

Desa wisata Rana Kulan juga memiliki komitmen untuk mempromosikan agrobisnis lokal seperti tanaman porang. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat sekitar dan pengunjung. Dengan mengunjungi desa ini, tidak hanya keindahan alam yang bisa dinikmati, tetapi juga kesempatan untuk mengenal lebih dekat tentang kekayaan budaya dan potensi lokal lainnya.

Saat ini, pemerintah setempat masih mempromosikan Desa Rana Kulan sebagai destinasi wisata, dan mereka sangat terbuka dengan kunjungan dari para wisatawan tanpa memungut biaya masuk. "Ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mengeksplor dan menikmati keindahan danau dan kekayaan alam Manggarai Timur lainnya tanpa harus khawatir dengan biaya," kata Sanjaya.

Jadi, bagi mereka yang mencari tempat untuk melepas penat, menyegarkan pikiran, dan menikmati indahnya alam, Danau Rana Kulan dengan segala pesona dan keunikan yang dimilikinya, patut untuk dijadikan sebagai destinasi wisata pilihan saat berkunjung ke Manggarai Timur, NTT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES