Wisata

Rekomendasi Piknik Syahdu, Yuk Bersantai di Riverside Hutan Pinus Banyuwangi

Minggu, 26 November 2023 - 13:39 | 65.53k
Suasana sejuk dan asri piknik di pinggir sungai Jambewangi dengan dikelilingi hutan pinus dan mahoni. (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Suasana sejuk dan asri piknik di pinggir sungai Jambewangi dengan dikelilingi hutan pinus dan mahoni. (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Suara nyaring tonggeret berpadu bunyi ranting daun berdecit selaras dengan gemericik aliran sungai, menjadi alunan musik alam sejuk nan syahdu. Begitulah gambaran suasana saat kalian piknik di Riversids atau pinggir sungai hutan pinus di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikelilingi pepohonan pinus dan mahoni yang menjulang ke angkasa, udara sejuk dan suasana tenang yang hanya dapat ditemukan di tengah hutan. Jalan setapak yang mengelilingi area hutan memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam sekitar.

Terletak di kawasan perhutani Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Kalisetail, tempat piknik tersebut beralamat di Dusun Paras Tembok, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Hanya berjarak 5,7 Kilometer dari Stasiun Kalisetail dengan waktu tempuh 15 menit.

Meskipun jalan masuk ke dalam kawasan Perhutani menuju lokasi piknik Riverside tersebut penuh batu atau disebutnya jalan makadam dan masih belum beraspal. Namun sesampainya disana, semua yang dilalui seakan terbayar lunas dengan apa yang telah disuguhkan alam.

Mengalir tak terlalu deras melewati bebatuan menjadi khas sungai dengan mata air pegunungan. Jernihnya air, hijaunya hutan menyegarkan mata memandang. Di pinggir sungai itulah kalian bisa memasang tikar atau kursi lipat. Dengan mencelupkan kaki didalam sungai dinginya air sersasa mengalir keseluruh tubuh.

Riverside-Hutan-Pinus-Banyuwangi-2.jpgSalah satu kegiatan yang bisa dilakulan saat piknik di Sungai Jambewangi, yaitu memancing. (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

Tak Jarang di sungai Jambewangi itu, ditemui muda-mudi yang menghabiskan waktu bersama teman-temanya menikmati alam dengan cara mengadakan barbeque dengan kompor portabel yang mereka bawa. Jika menurut kalian membawa barang tersebut merepotkan kalian dapat menggunakan kayu-kayu yang telah jatuh untuk membuat api ungun.

Lengkap rasanya hidup, merasakan alam asri dengan menyantap kudapan yang telah dibawa dari rumah, seperti buah hingga makanan berat. Bagi kalian yang tak membawa bekal bertamasnya jangan panik, pasalnya, dekat dengan lokasi piknik sungai Jambewangi tersebut ada warung penjual jajanan hingga kopi, bernama warung Bu Topo.

Tenang saja aliran sungai yang tak terlalu deras, aman bagi anak-anak yang ingin mandi merasakan jernih dan dinginya sungai. Namun tetap perlu perhatian dan kewaspadaan orang tua dalam mendampingi anaknya yang sedang mandi disungai karena sungai yang dipenuhi batu-batuan itu.

Banyak kegiatan selain piknik yang bisa dilakukan, diantaranya memancing, barbaque daging atau membuat api unggun untuk membakar ikan atau jagung. Bisa pula kalian hanya datang untuk bisa mandi di sungai.

"Saya pertama kali datang kesini, suasanaya sejuk, asri dan seger. Saya kesini karena sempat viral dan ingin membuat konten video karena tempat yang bagus," ucap salah satu pengunjung asal Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Yuslan Fajarilah, Minggu (26/11/2023).

Destinasi piknik Riverside atau pinggir sungai Jambewangi ini tengah menjadi sorotan bagi wisatawan lokal yang mencari pengalaman unik di tengah alam. Namun perlu diperhatikan untuk semua pengunjung agar bertanggung jawab dengan sampah yang dihasilkan demi menjaga kelangsungan dan pelestarian alam, serta tidak merusak lingkungan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES