Wisata

Tidak Ada Kuota Tambahan Wisatawan Gunung Bromo untuk Libur Akhir Tahun 2023

Senin, 27 November 2023 - 18:13 | 30.26k
Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) secara resmi mengumumkan bahwa tidak akan ada penambahan kuota kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, selama masa libur akhir tahun 2023. Keputusan ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, dalam keterangan yang diberikan di Kota Malang, Jawa Timur, pada hari Senin.

Septi menjelaskan bahwa kuota kunjungan wisatawan selama masa libur akhir tahun tetap ditetapkan sebanyak 2.752 orang per hari. Pembagian kuota tersebut mencakup wilayah Bukit Cinta dengan 126 orang per hari, Bukit Kedaluh 401 orang per hari, Penanjakan 823 orang per hari, Mentigen 206 orang per hari, dan Savana Teletubbies sebanyak 1.196 orang per hari.

"Untuk kuota tetap dalam jumlah (2.753 kunjungan per hari) tersebut," ungkap Septi.

Dalam menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan, Balai Besar TNBTS akan melaksanakan pengamanan khusus untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung ke Gunung Bromo. Septi mengingatkan para wisatawan untuk memperhatikan kondisi kesehatan pribadi, terutama karena periode tersebut diprediksi sebagai musim hujan.

"Seperti biasa untuk akhir tahun, TNBTS akan melakukan pengamanan khusus guna mengantisipasi peningkatan kunjungan," tambahnya.

Wisatawan yang berencana mengunjungi Gunung Bromo diimbau untuk mematuhi aturan yang berlaku, termasuk melakukan pemesanan secara daring sebelum melakukan kunjungan. Selain itu, para pengunjung diingatkan untuk tidak membawa senjata api atau peralatan yang dapat digunakan untuk berburu, merusak fasilitas wisata, atau melakukan vandalisme. Mereka juga dilarang membuat api unggun di dalam kawasan guna mencegah risiko kebakaran.

Sejak 20 September hingga 20 November 2023, Balai Besar TNBTS mencatat total kunjungan wisatawan sebanyak 40.954, terdiri dari 38.186 wisatawan nusantara dan 2.768 wisatawan asing. Gunung Bromo, sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Timur, mencatat 318.919 kunjungan wisatawan pada tahun 2022, memberikan kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp11,65 miliar. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp4,85 miliar.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES