Wisata

7 Destinasi Wisata Menarik di El Salvador yang Wajib Dikunjungi

Senin, 12 Februari 2024 - 05:39 | 20.90k
Palay El Tunco, salah satu pantai terbaik di El Salvador. (Foto: Courtney Stanley/Culture Trip)
Palay El Tunco, salah satu pantai terbaik di El Salvador. (Foto: Courtney Stanley/Culture Trip)

TIMESINDONESIA, JAKARTAEl Salvador, sebuah negara di Amerika Tengah, memiliki sejuta pesona alam dan budaya yang menarik. Setelah mengalami transformasi signifikan, kini El Salvador menawarkan destinasi wisata yang begitu menarik untuk dijelajahi.

Beberapa diantara menawarkan keindahan alam, namun ada pula pesona budaya yang menarik untuk dilihat. Berikut adalah tujuh tujuan wisata yang patut anda kunjungi untuk merasakan keajaiban dan keunikan negara ini.

7 Daya Tarik Spektakuler El Salvador

1. Playa El Tunco: Pantai Hitam yang Menggoda

Terletak di pinggir kota El Tunco, Playa El Tunco adalah surganya para backpacker dan peselancar. Ombak di pantai berwarna hitam ini menjadi magnet utama, terutama di pagi hari.

Selain pantai yang mempesona, anda dapat menikmati suasana jalanan yang unik atau menjelajahi gua pantai ketika air sedang surut. Jangan lupa nikmati keindahan matahari terbenam yang menakjubkan di pantai tersebut saat sore hari.

2. Bolas del Fuego: Festival Bola Api di Nejapa

Setiap tahun pada tanggal 31 Agustus, Nejapa menjadi tuan rumah Festival Bolas del Fuego. Dalam festival tersebut warga setempat mengubah wajah mereka menjadi tengkorak dan berpartisipasi dalam pertunjukan bola api.

Mirisnya, festival ini sejatinya ditujukan untuk mengenang letusan gunung berapi pada tahun 1658. Namun legenda setempat juga menyatakan bahwa festival tersebut mengenang keberhasilan pahlawan lokal melawan Iblis yang berbentuk api.

3. Keajaiban Mistis Pohon Ceiba

Pohon Ceiba di Salcoatitan menjulang tinggi ini sarat dengan kepercayaan lokal. Menurut legenda setempat, siapa pun yang merangkul pohon ini dan berterima kasih dalam bahasa Nahuatl akan menerima hadiah dari jiwa yang menghuni pohon tersebut.

Pohon ini, yang diperkirakan berusia antara 300 hingga 400 tahun. Masyarakat setempat mengkeramtkan pohon tersebut namun tidak menutup para turis yang ingin mengunjunginya. menjadi lambang keberlanjutan dan keajaiban dalam komunitas.

4. Tazumal: Keajaiban Arkeologi Suku Maya

Tazumal.jpgTazumal, bangunan peninggalan Suku Maya, El Salvador. (Foto: Svetlana Bykova / Alamy)

Tazumal adalah reruntuhan Maya yang paling mengesankan di El Salvador. Diperkirakan berdiri sejak 5.000 SM dan ditinggalkan pada abad ke-13, Tazumal adalah pusat perdagangan penting.

Meskipun sebagian besar reruntuhan belum digali, situs ini memberikan pengalaman sejarah yang mendalam. Tempat ini akan sangat ramai pada akhhir pekan atau hari libbur nasional. Utamanya saat liburan anak sekolah. 

5. Taman Nasional Montecristo

Taman Nasional ini memiliki keajaiban alam dengan keindahan puncak tertinggi hingga lembah terendah. HUtan ini ddikelilingi pepohonan lebat. Beragam flora dan fauna, termasuk puma, anteater, dan berbagai jenis burung, memberikan pengalaman alam yang tak terlupakan.

6. Santa Ana: Kota yang Penuh Keindahan

Sekitar 40 mil dari San Salvador, Santa Ana adalah kota kedua terbesar yang menawarkan pesona jalanan berpohon dan bangunan yang berwarna-warni. Dikenal karena sejarah kopi dan katedral neo-Gotiknya yang megah, Santa Ana menjadi tempat yang baik untuk menjelajahi reruntuhan Tazumal atau Ruta de las Flores.

7. Coatepeque Caldera: Keindahan Danau Kalera

Tidak hanya Indonesia yang meiliki danau kaldera, di El salvador juga ada. Danau Coatepeque, yang terletak dalam kaldera vulkanik, menawarkan pemandangan spektakuler. Air biru yang jernih dan dikelilingi oleh lereng curam menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti kayaking atau berlayar di atas danau. Jangan lewatkan pemandangan rumah-rumah pantai di tepi danau, menjadi tempat liburan akhir pekan yang menarik bagi beberapa orang beruntung.

El Salvador, dengan pesonanya yang unik dan keindahan alam yang menakjubkan, menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dari pantai eksotis hingga situs arkeologi yang memikat, setiap destinasi mencerminkan keberagaman dan warisan budaya negara ini membuat negar kecil ini menjadi destinasi yang menawan dan unik bagi para wisatawan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES