Wisata

Jadi Primadona, Destinasi Wisata Irigasi Beutong Pikat Wisatawan

Senin, 15 April 2024 - 00:32 | 23.11k
Ribuan warga memadati tempat wisata Irigasi Beutong di Nagan Raya pada penghujung libur Idul Fitri 2024, Minggu (14/4/2024). (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)
Ribuan warga memadati tempat wisata Irigasi Beutong di Nagan Raya pada penghujung libur Idul Fitri 2024, Minggu (14/4/2024). (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Berbicara pariwisata di Provinsi Aceh memang tidak ada habisnya. Bahkan antusias masyarakat meningkat drastis ketika perayaan hari-hari besar.  Salah satunya yang dialami objek Wisata Irigasi Beutong yang berlokasi di Kecamatan Beutong, Nagan Raya, Aceh.

Pada penghujung hari libur perayaan hari raya Idul Fitri 2024 ini, ribuan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah mengunjungi tempat wisata air yang bersumber air langsung dari pegunungan Leuser ini.

Pengunjung yang datang ke sana bukan hanya warga lokal saja, namun juga didatangi oleh wisatawan dari luar daerah, seperti Aceh Barat Daya, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Tengah, dan dari daerah lainnya.

Dengan hawa sejuk dan jejeran pohon rindang, panorama alam nan indah yang disuguhkan bantaran Irigasi Beutong juga mampu menghipnotis mata pengunjung. Bahkan, kenyamanan juga didapati wisatawan ketika berkunjung ke sana.

Arung-jeram-atau-rafting-di-Irigasi-Beutong.jpgArung jeram atau rafting di Irigasi Beutong, Nagan Raya (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Selain karena keindahan yang disajikan, letaknya yang sangat strategis yaitu tidak jauh dari jalan lintas Nagan Raya-Aceh Tengah juga menjadi alasan utama warga untuk mengunjungi Irigasi Beutong untuk memanfaatkan waktu libur.

Cut Marliyanti, seorang wisatawan yang berasal dari Kota Banda Aceh, Aceh, ini mengaku takjub dengan panorama alam yang disuguhkan Irigasi Beutong. Bersama keluarga, dia menghabiskan penghujung hari libur Idul Fitri dengan mengunjungi destinasi wisata yang terletak di 'Bumoe Rameune' tersebut.

"Luar biasa keindahan alam di sini. Airnya jernih, alamnya sejuk, pemandangan alamnya juga menjadi alasan kami sekeluarga memanfaatkan waktu libur ini ke Irigasi Beutong. Yang belum pernah datang, saya sarankan luangkan waktu liburnya untuk liburan ke sini," ujar Cut Marliyanti.

Tidak terlepas dari itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Bahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya juga memfokuskan pengembangan destinasi wisata Irigasi, guna meningkatkan perekonomian masyarakat dari UMKM.

"Iya benar, pastinya ini juga berkat adanya kepedulian pemerintah yang telah menyulap destinasi wisata ini menjadi tempat wisata unggulan, sehingga mengundang minat wisatawan untuk berkunjung," ungkap salah seorang warga Beutong, Minggu (14/4/2024).

Secara terpisah, dikonfirmasi TIMES Indonesia Kepala Disbudparpora Nagan Raya Fariky menyebutkan bahwa, untuk mendulang minat wisatawan Pemkab Nagan Raya telah melakukan pembenahan terhadap lokasi destinasi wisata Irigasi Beutong.

"Kita (Pemkab Nagan Raya) tidak tutup mata untuk meningkatkan objek wisata di Nagan Raya menjadi destinasi wisata yang benar-benar unggul, kita akan terus membenahnya secara bertahap," ujarnya.

Bahkan, kata Fariky, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas juga menekankan agar destinasi wisata di Nagan Raya untuk terus ditingkatkan, sehingga dapat memikat dan membuat para traveler dan wisatawan merasa nyaman dan aman.

Arung-jeram-atau-rafting-di-Irigasi-Beutong-a.jpgSejumlah warga saat berkemah di Irigasi Beutong (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

"Hal ini dilakukan semata-mata bertujuan untuk peningkatan perekonomian warga Nagan Raya. Kepada semua wisatawan yang telah berkunjung ke Nagan Raya, atas nama Pemkab Nagan Raya saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya," kata Fariky.

Agar tempat wisata itu tetap alami dan bebas dari pencemaran, Kepala Disbudparpora Nagan Raya itu juga meminta agar pengunjung selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Semoga ini menjadi edukasi untuk kita semua untuk terus mencintai alam, sehingga destinasi wisata akan terawat dan terus terjaga," ucap Fariky.

Pantauan TIMES Indonesia, berbagai jenis plantae hidup subur. Mulai dari yang merambat dan menjalar, juga tumbuhan dengan hidup berkoloni seperti rumput-rumputan dan pohon lainnya juga mampu memabukkan wisatawan saat berkunjung ke Irigasi Beutong.

Selain memiliki fasilitas wisata pemandian, Irigasi Beutong juga sering dijadikan arena olahraga arung jeram atau rafting dan berkemah. Pesona destinasi wisata ini juga sering disebut surga wisata dunia yang tersembunyi. Tempat ini sangat cocok dijadikan target berkunjung Anda selanjutnya bersama keluarga dan orang-orang tercinta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES