Wisata

Lebaran 2024 Usai, Kunjungan Wisatawan Kabupaten Mojokerto Cenderung Turun

Selasa, 16 April 2024 - 20:20 | 25.47k
Candi Brahu, Salah satu objek wisata bersejarah di Kabupaten Mojokerto. (Foto: Theo/TIMES Indonesia)
Candi Brahu, Salah satu objek wisata bersejarah di Kabupaten Mojokerto. (Foto: Theo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Lebaran 2024 jumlah wisatawan Kabupaten Mojokerto cenderung menurun. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi diantaranya perbaikan infrastruktur.

Ketika momen lebaran 2023 jumlah kunjungan wisatawan di kisaran 30-40 ribu pengunjung. Berbeda halnya ketika momen lebaran 2024 kini. Diprediksi momen lebaran 2024 jumlah kunjungan wisatawan menurun di kisaran 25 ribu wisatawan. 

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) saat ini tengah melakukan pendataan terkait dengan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Mojokerto.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Pariwisata Disbudporapar, Antor Subendi. Dia mengatakan bahwa pariwisata di Kabupaten Mojokerto sendiri telah siap menyambut libur nasional idul fitri. Diantaranya adalah tetap memperhatikan faktor cuaca dan iklim. Sisi lain termasuk menyiapkan sarana dan prasaran kebersihan, jalur evakuasi, dan memberikan peringatan terhadap para pengunjung. Namun hal ini nyatanya tidak mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Mojokerto. 

“Cenderung turun daripada tahun-tahun sebelumnya, meskipun kita telah mengupayakan kenyamanan dan keamanan wisatawan,” kata Antor Subendi kepada TIMES Indonesia, Selasa (16/4/2024).

Antor menambahkan penurunan jumlah wisatawan ini dipengaruhi beberapa faktor. Pertama, adanya perbaikan infrastruktur jalan yang belum tuntas. Kedua, adanya tarif parkir yang harganya mendekati Harga Tiket Masuk (HTM) pariwisata. 

Hal-hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan para wisatawan ketika mau berkunjung di Kabupaten Mojokerto. Namun, pihaknya akan membuka komunikasi dengan pengelola parkir agar ke depan bisa ditemukan solusi. 

“Wisata favorit saat ini masih yang ada di Trawas dan Pacet, namun di Trawas ada sedikit penurunan wisatawan karena ada perbaikan jalan di Air Terjun Dlundung,” pungkasnya. 

Data Wisatawan Momen Lebaran 2024 Kabupaten Mojokerto

Disbudporapar merinci jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Mojokerto per 8-16 April 2024. Terdapat 10 objek wisata yang terdata. 

Pemandian Air Panas Padusan : 6.858 wisatawan.
Ubalan Waterpark : 1.189 wisatawan.
Jolotundo : 1.203 wisatawan.
Makam Troloyo : 1.122 wisatawan.
Coban Canggu : 825 wisatawan. 
Candi Brahu : 315 wisatawan.
Candi Bajang Ratu : 206 wisatawan.
Candi Tikus : 206 wisatawan.
Wana Wisata Air Panas Padusan : 11.853 wisatawan.
Air Terjun Dlundung : 2.747 wisatawan.
Total 26.524 wisatawan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES