Wisata

Peringati Hari Kartini, Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris selenggarakan Art Exhibition

Sabtu, 20 April 2024 - 12:28 | 64.86k
Suasana pose bersama Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Kadis Kebudayaan Kota Yogyakarta, GM Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris dan Perupa pada Opening Ceremony Kimaya Art Exhibition 2024. (FOTO: Marcomm, Kimaya for TIMES Indonesia)
Suasana pose bersama Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Kadis Kebudayaan Kota Yogyakarta, GM Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris dan Perupa pada Opening Ceremony Kimaya Art Exhibition 2024. (FOTO: Marcomm, Kimaya for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Tahun ini, Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris menggelar ART Exhibition untuk kali kedua dengan mengusung tema 'Infinity’. Art Exhibition ini diselenggarakan untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024 mendatang. 

Pada kesempatan ini, Kimaya Sudirman Yogyakarta berkolaborasi dengan Lima seniman lokal Wanita berbakat.

Kelima seniman tersebut adalah Febritayustina, Hani Santana, Ika Ria Ernawati, Indira Bunyamin, dan Retno Aris. 

Infinity sendiri dimaknai sebagai titik awal bagi sebagian perupa, dan titik lanjut bagi sebagian lainnya, tentang perjalanan yang terus berulang dan melaju–tanpa ujung.

Nah, di saat yang sama pameran ini dimaknai sebagai momentum mengingat kembali peran perempuan yang dihembuskan melalui bulan April pada hari Kartini. 

Pada pameran seni kali ini masing-masing perupa menghadirkan 3 karya utama, dan 2 karya lain. Tentu tema infinity hendak menyingkap segala sesuatu atas keresahan yang menyenangkan, mendamaikan, hingga memunculkan imaji yang tak terduga.  

Karena pada dasarnya Infinity adalah sesuatu yang tak ada batasnya, namun berpeluang menjadi rumit, dan menarik sekaligus.

Kimaya Art Exhibition ini dibuka pada 19 April 2024 oleh Singgih Raharjo, SH MEd, Penjabat Wali Kota Yogyakarta yang dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, Ssos MM tamu undangan dari rekan seniman, rekan Media hingga tamu Hotel dan dapat dinikmati oleh Masyarakat Umum mulai 20 April 2024 hingga 18 Juli 2024. 

Melukis bersama diatas canvas kosong oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta, General Manager Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris serta para pelukis menandai dibukanya pameran seni ini. 

General Manager Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris, Diah Anggraeni dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan kali kedua Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris berkolaborasi dengan pelukis melalui Kimaya Art Exhibition dengan tema ‘Infinity’ dalam rangka peringatan Hari Kartini. 

“Harapan Kami tentunya Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris dapat terus menjadi wadah khususnya bagi para pelukis perempuan yang ingin menampilkan karyanya sehingga dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya,”  kata Diah, Sabtu (20/4/2024)

Kelima pelukis ini merupakan perempuan yang memiliki beragam latar, minat, dan profesi patut ditilik lebih awal. Tanpa membuat satu kotak tertentu, peristiwa ini sebenarnya adalah satu kolaborasi dan dorongan satu sama lain untuk berproses. 

Sementara, Indira dan Retno sebagai seorang pengusaha dan manajer menyampaikan kerja-kerja yang sistematis dan bertaun tentang relasional tentu menjadikan peristiwa ini jadi sama sekali baru. Kemudian Hani Santana, Ika Ria, dan Febri sebagai perupa dan pelaku dalam banyak ruang, mereka saling bersinergi. 

Menjadi penting lagi adalah ketika mengingat proses melukis dan berkarya hadir utuh dari seorang perempuan, ibu, pekerja seni, perupa, ataupun seorang dalam bidang lebih luas. Maka pada dasarnya sesuatu ada ketika diamati, kemudian seni berperan sebagai energi yang hadir lewat bahasa visual. 

Ia hadir lewat lima perempuan perupa dalam Infinity atas energi Kartini. Bagi Anda penikmat seni yang ingin menyaksikan lebih dari 20 Karya yang akan di pamerkan di Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris, dapat berkunjung setiap harinya mulai pukul 09.00-20.00 hingga 18 Juli 2024. 

Beragam karya ini akan ditampilkan di Jasmine Lounge dan di area Lobby sehingga dapat memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung saat menginap di Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES