Wisata

Destinasi Wisata Pantai di Banyuwangi Masih Menjadi Favorit Pengunjung saat Lebaran

Sabtu, 20 April 2024 - 17:32 | 32.53k
Rumah Apung di Bangsring Underwater (Bunder) sebagai Klinik Ikan Hiu. (FOTO: IG Bangsringunderwater)
Rumah Apung di Bangsring Underwater (Bunder) sebagai Klinik Ikan Hiu. (FOTO: IG Bangsringunderwater)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Libur Lebaran tahun 2024 menjadi berkah bagi sektor pariwisata di Banyuwangi, Jawa Timur. Ratusan ribu wisatawan memadati berbagai destinasi wisata, terutama pantai-pantai di Bumi Blambangan yang selalu eksis menjadi favorit pengunjung.

Menilik catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, sebanyak 126.414 wisatawan mengunjungi tempat wisata selama sepuluh hari libur, terhitung mulai dari 7 April hingga 16 April 2024.

Seperti salah satu destinasi primadona yaitu wisata Bahari Bansring Underwater (Bunder) Banyuwangi yang mengalami peningkatan kunjungan yang cukup signifikan saat libur Lebaran.

Di destinasi wisata yang mengajak para wisatawan untuk ikut melakukan konservasi terumbu karang sampai berenang dengan melihat aneka biota laut mulai dari terumbu karang hingga ikan hiu itu, naik hingga 16 kali lipat dari hari-hari biasanya selama libur hari raya.

“Kalau hari- hari biasa, kunjungan wisatawan, berkisar antara 300 pengunjung. Kemarin saat libur Lebaran mencapai lebih dari 5.000 pengunjung setiap harinya,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bansring Underwater, Wildan Sukirno, Sabtu (20/4/2024).

Bahkan, Wildan menambahkan, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bangsring Underwater berasal dari luar kota Banyuwangi, di antaranya seperti Sidoarjo, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, hingga Jakarta, dan sejumlah kota lainya.

“Wisatawan luar kota mendominasi, mereka bersilaturahmi ke rumah saudaranya pada momen Lebaran ini, sembari berlibur. Kalau untuk wisatawan lokal ada juga tapi masih banyakan dari luar kota,” tuturnya.

Kebanyakan wisatawan luar kota tersebut datang ke Bangsring Underwater tak hanya menikmati pesona pantai eksotis berlatar belakang pulau Bali saja, namun mereka sangat tertarik untuk melakukan transplantasi terumbu karang, dan mengunjungi klinik Ikan Hiu di Rumah Apung.

“Mereka ingin belajar bagaimana menanam hingga merawat terumbu karang terutama di wilayah Selat Bali. Para wisatawan juga terkadang mengunjungi Pulau Tabuhan salah satu pulau yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi,” paparnya.

“Minggu (14/4/2024) merupakan dari puncak kunjungan wisatawan pada momen libur Lebaran. Sebab hari Senin sebagian besar masyarakat telah kembali ke daerahnya untuk kembali kerja,” imbuh Wildan.

Selain destinasi wisata Bangsring Underwater, beberapa tujuan wisata pantai lain di Banyuwangi juga banyak memikat para wisatawan. Di antaranya yaitu Pantai Boom Marina yang mendapat kunjungan sebanyak 37.878 wisatawan, Pantai Pulau Merah dikunjungi 15.491 wisatawan, Grand Watudodol dikunjungi 8.771 wisatawan, dan Pantai Cacalan dengan 5.735 pengunjung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES