Wisata

Pesona 7 Destinasi Wisata Hidden Gem di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

Minggu, 21 April 2024 - 11:30 | 88.38k
Objek Wisata Cikadongdong River Tubing. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)
Objek Wisata Cikadongdong River Tubing. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAKabupaten Majalengka, Jawa Barat, banyak menyimpan sejumlah destinasi wisata. Pesona wisata Majalengka yang unik dan menarik sangat layak untuk dieksplorasi.

Dari keindahan alam hingga aktivitas petualangan, berikut adalah 7 destinasi wisata hidden gem yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Majalengka.

1. Terasering Panyaweuyan
Terasering Panyaweuyan menawarkan pemandangan alam yang memesona dengan sawah terasering yang indah tersusun rapi di kaki gunung. Suasana tenang dan sejuk menjadikannya tempat ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Lokasi objek wisata Terasering Panyaweuyan ini terdapat di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Di lokasi ini, anda dapat melihat bukit dan lembah menghampar kebun daun bawang yang disusun secara berundak-undak.

Lokasi ini berada 2000 meter di atas permukaan laut. Hamparan tanaman sayuran di sekitar bukit memberikan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Ditambah, suasana di kawasan ini sangat sejuk khas pegunungan.

2. Curug Ibun Pelangi

Curug-Ibun-Pelangi.jpg Curug Ibun Pelangi adalah obyek wisata di Majalengka, Jawa Barat. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Air terjun eksotis yang berlokasi di Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura ini wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, ketika desiran embun dari derasnya aliran air terjun tersinari matahari, maka akan terlihat pelangi di lokasi curug ini.

Karena itu, wisata ini diberi nama ibun pelangi yang artinya yaitu embun pelangi. Pantulan cahaya yang memasuki curug ini pun akan membentuk sebuah pelangi yang luar biasa indahnya.

3. Situ Cipanten
Berenang bersama ikan di Situ Cianten adalah pengalaman unik yang bisa dinikmati di Majalengka. Danau yang jernih dan bersih ini menawarkan kesegaran tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sambil beraktivitas air.

Destinasi wisata yang memiliki luas 1,5 hektar ini berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, sangat cocok bila dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga.

Dari pusat kota jaraknya sekitar 16 kilometer saja, hanya butuh waktu sekitar 28 menit menuju ke lokasi jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan. 

Selain asri dan nyaman, di objek wisata ini terdapat spot-spot menarik untuk berswafoto dan tempat khusus para pedagang yang menawarkan beragam kuliner jajanan.

4. Cikadongdong River Tubing
Bagi para pencari petualangan, Cikadongdong River Tubing adalah destinasi yang menarik. Meluncur di atas ban banjir di sungai yang mengalir deras akan memberikan pengalaman seru dan menyegarkan di tengah alam yang masih asri.

Wahana air berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh ini dialiri oleh aliran Sungai Cikadondong dengan hulu air dari Gunung Ceremai, pasti keasrian dan kejernihan airnya tidak diragukan lagi.

Selain itu, di obyek wisata ini, pengunjung tidak perlu lagi takut dengan safety dan guide yang diberikan pengelola, karena pengelola telah tersertifikasi sebagai guide river tubing.

5. Ciboer Pass

Objek-Wisata-Alam-Ciboer-Pass.jpgObjek Wisata Alam Ciboer Pass. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

Hamparan hijau Ciboer Pass adalah tempat yang sempurna untuk bersepeda pagi. Jalanan yang mulus dan pemandangan alam yang menakjubkan akan membuat pengalaman bersepeda di sini menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

Ciboer Pass yang terletak di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang berpotensi besar dapat menarik kunjungan wisatawan.

Dari sana, anda bisa menikmati keindahan hamparan luas pesawahan, sejuknya udara pegunungan dan sensasi lainnya yang bisa dirasakan siapa pun pengunjungnya.

6. Curug Cipeuteuy
Curug Cipeuteuy adalah destinasi lain yang menakjubkan di Majalengka. Air terjun yang indah dengan aliran air yang deras menciptakan suasana yang menenangkan dan menyejukkan bagi para pengunjung.

Curug ini merupakan air terjun yang terletak di kawasan taman nasional Gunung Ciremai. Tepatnya berada di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi.

Di sini Anda dapat menikmati kesejukan air terjun yang tentunya masih memiliki lingkungan teduh dan asri hutan pinus di sekelilingnya. Dari air terjun utama yang mengalir ditampung sebuah kolam di bawahnya lalu diteruskan ke aliran yang melebar seperti tirai.

7. Paralayang

Objek-Wisata-Paralayang.jpgObjek Wisata Paralayang. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

Untuk para penggemar olahraga ekstrem, Paralayang di Majalengka adalah pilihan yang tepat. Terbang di udara sambil menikmati pemandangan alam yang memukau akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Akses menuju Gunung Panten juga sangat mudah dijangkau dengan relatif cepat. Dari pusat kota, Anda hanya perlu mengambil rute ke Bundaran Munjul Indah di JI KH Abdul Halim, lalu melanjutkan ke arah selatan menuju Desa Sidamukti. Dalam waktu sekitar 20 menit, pengunjung akan tiba di lokasi.

Jadi, jika anda mencari pengalaman ekstrem yang memacu adrenalin sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan, Gunung Panten adalah pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan beragamnya aktivitas yang ditawarkan, Kabupaten Majalengka semakin menjadi destinasi wisata yang diminati. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan liburan Anda berikutnya ke kota yang penuh pesona ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES