Wisata

Waduk Bade Klego Boyolali, Destinasi Wisata Murah Penuh Pesona

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:28 | 34.25k
Pesona keindahan Waduk Bade Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali.  (Foto: Gatot/TIMES Indonesia)
Pesona keindahan Waduk Bade Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. (Foto: Gatot/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali layak disebut sebagai gudangnya destinasi wisata. Baik wisata alam, wisata religi serta wisata kuliner. Satu di antaranya adalah Waduk Bade. Wisata alam ini terletak di kawasan Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Mesti tak seluas Waduk Kedung Ombo, wisata ini memiliki letak strategis. Letaknya sekitar 150 meter dari jalan provinsi. Waduk Bade dibuat sebelum Indonesia merdeka. Waduk ini memiliki luas 98 hektare dengan genangan air sekitar 69 hektare. 

Selain menawarkan wisata air, di sini juga dilengkapi dengan area berkemah dan wisata kuliner. Banyak aneka masakan yang terbuat dari ikan, dari ikan bakar, goreng maupun pepes. Bagi wisatawan, juga disediakan mushala dan toilet umum. 

Di samping itu Waduk Bade juga sangat ikonik di mata para pemancing. Tak jarang wisatawan selain berlibur juga bisa menyempatkan waktu untuk memancing ikan. 

Seperti halnya Yono, pengunjung dari Nusukan, Solo. Dia mengatakan, berkunjung ke Waduk Bade tidak rugi karena tempatnya adem dan jajanan sangat murah.

"Kebetulan kami rombongan keluarga dari Solo, dapat informasi tentang waduk Bade dari teman, katanya tempatnya bagus, ee ternyata sangat bagus," ungkap Yono. 

Kalau pengunjung ingin berlama-lama, di sore hari bisa menikmati sunset yang sangat indah. Dampak wisata Waduk Bade juga berpengaruh pada sektor ekonomi masyarakat sekitar. Utamanya pedagang kaki lima yang didominasi warga sekitar waduk. 

Agus seorang penjual kembang gula yang sudah lama mangkal di wilayah waduk. "Alhamdulillah ramai, kalo hari Aabtu dan Minggu sangat ramai, dan kembang gula saya jadi laku," ungkapnya. 

Di wilayah waduk juga ditumbuhi pepohonan rindang, jadi udara tetap terasa sejuk. Sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Bila pengunjung ini menjelajahi waduk, di sini juga disediakan perahu, tentunya dengan standar keselamatan yang sudah ditentukan. 

Waduk Bade, Boyolali adalah kawasan yang layak untuk dikembangkan, di samping murah juga berdampak pada kesejahteraan bagi warga disekitar. Waduk Bade rekomendasi wisata murah dengan pesona alam indah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES