Wisata

Bosan dengan Pantai? Goa Gong Pacitan Solusi Wisata Akhir Pekan

Minggu, 07 Juli 2024 - 11:13 | 28.41k
Suasana keindahan Goa Gong Pacitan dari dalam. (FOTO: IG @anitazahra335)
Suasana keindahan Goa Gong Pacitan dari dalam. (FOTO: IG @anitazahra335)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Pacitan, kota kecil di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur, selama ini dikenal sebagai “Kota Seribu Satu Goa”. Di antara sekian banyak goa yang tersebar di kawasan ini, Goa Gong Pacitan menjadi salah satu destinasi yang paling menarik perhatian wisatawan.

Keindahannya yang memukau dengan keunikan formasi stalaktit dan stalakmit di dalamnya, menjadikan Goa Gong sebagai solusi wisata akhir pekan yang sempurna bagi Anda yang ingin mencari alternatif liburan selain pantai.

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan darat yang memakan waktu sekitar satu jam. Sesampainya di lokasi, rasa lelah seketika hilang saat menyaksikan keindahan goa yang menanti di depan mata.

Memasuki mulut goa, pengunjung akan disambut dengan pemandangan spektakuler dari stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama jutaan tahun. 

Formasi batuan yang unik dan beraneka bentuk, disertai dengan pencahayaan yang artistik, menciptakan suasana magis di dalam goa. Di beberapa titik, Anda akan mendengar suara tetesan air yang jatuh ke kolam kecil, menambah kesan alami yang menenangkan.

Tak hanya keindahan alam, Goa Gong juga menyimpan berbagai legenda dan mitos yang menambah daya tariknya. 

Konon, goa ini dinamai “Gong” karena adanya batu besar di dalam goa yang ketika dipukul mengeluarkan bunyi seperti gong. Masyarakat setempat meyakini bahwa bunyi tersebut merupakan tanda dari roh penjaga goa.

Selain itu, terdapat pula mitos tentang air suci yang diyakini dapat memberikan berkah dan penyembuhan. Air tersebut dapat ditemukan di beberapa titik di dalam goa, dan banyak pengunjung yang datang untuk mengambilnya, berharap mendapat berkah dan kesehatan.

Untuk kenyamanan pengunjung, Goa Gong telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Di area sekitar goa, terdapat warung makan, toko oleh-oleh, serta area parkir yang luas. 

Di dalam goa, jalur penjelajahan telah dilengkapi dengan tangga dan pegangan tangan, sehingga pengunjung dapat menjelajah dengan aman dan nyaman.

Bagi Anda yang datang dari luar kota, Pacitan juga menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budget yang ramah di kantong. 

Berbagai pilihan ini memungkinkan Anda untuk menikmati wisata di Pacitan dengan lebih leluasa dan tanpa kendala.

Tips Berkunjung ke Goa Gong

1. Pakai Pakaian yang Nyaman

Goa Gong memiliki suhu yang cukup sejuk, namun tetap disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman dan alas kaki yang tidak licin.

2. Bawa Senter

 Meskipun sudah ada pencahayaan di dalam goa, membawa senter sendiri dapat membantu Anda melihat lebih jelas formasi batuan dan stalaktit yang ada.

3. Datang Pagi Hari 

Untuk menghindari keramaian, sebaiknya datang di pagi hari saat goa belum terlalu ramai oleh pengunjung.

4. Jaga Kebersihan

 Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan di dalam goa.

Dengan segala keindahan dan keunikannya, Goa Gong Pacitan memang layak dijadikan destinasi wisata alternatif bagi Anda yang bosan dengan pantai. Nikmati keajaiban alam di dalam goa, dan rasakan sensasi berbeda dalam petualangan akhir pekan Anda. Selamat berwisata! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES