Wisata

Wisata Joglo Apung Gresik Tawarkan Destinasi Kuliner dan Budaya

Selasa, 09 Juli 2024 - 05:41 | 31.12k
Salah seorang pengunjung saat menikmati Wisata Joglo Apung (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Salah seorang pengunjung saat menikmati Wisata Joglo Apung (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kabupaten Gresik menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Yang terbaru, ada wisata kuliner dan budaya Joglo Apung di Desa Mojotengah Menganti.

Wisata yang baru saja diresmikan itu bisa menjadi tempat alternatif warga Gresik selatan atau Surabaya Barat untuk dijadikan destinasi pariwisata.

Wisata yang dikelola pemerintah desa setempat ini menawarkan aneka menu makanan khas warga setempat.

menikmati-Wisata-Joglo-Apung-2.jpg

Selain itu, ada pula penampilan kesenian yang setiap saat dimainkan. Wisata Kuliner dan Budaya ini dibangun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang ada di desa tersebut. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melalui Nuri Mardiana asisten 3 menyampaikan jika wisata desa ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan penguatan ekonomi disektor kepariwisataan. 

“Atas nama pemerintah Kabupaten Gresik, kami mengapresiasi diresmikannya Wisata Kuliner dan Budaya di Desa Mojotengah sebagai salah satu tujuan destinasi wisata baru," katanya, Senin (8/7/2024).

Nuri menyampaikan, keberadaan Wisata Kuliner dan Budaya ini, mampu menambah daya tarik wisatawan di Kota Pudak.

Harapannya, mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar khususnya warga Desa Mojotengah.

“Kami juga mengucapkan terimakasih banyak kepada pemerintah Desa Mojotengah (pak Kades dan Pak Camat) yang telah berinovasi dalam mengembangkan potensi wisata yang didasarkan pada kearifan lokal, sehingga wisata kuliner di areal waduk ini dapat dibangun," jelasnya.

Sementara Suharsono Kades Mojotengah menyampaikan, pembukaan tempat wisata ini sebagai upaya percepatan pembangunan berkelanjutan.

Soft Opening Wisata Kuliner dan Budaya ini sebagai bentuk nyata Desa Mojotengah menuju desa wisata. Masyarakat Gresik bisa berwisata sambil kuliner di ‘Joglo Apung’ yang menyediakan berbagai masakan dan jajanan,“ kata Suharsono. 

Meskipun baru buka, wisata kuliner ini setidaknya nanti bisa menjadi jujukan wisatawan baik dari Gresik maupun dari daerah lain.

“Mohon doa restunya semoga wisata desa ini bisa berjalan lancar, dikenal oleh masyarakat sehingga bisa menyumbang pendapatan desa hingga sebesar 25 juta/bulan,“ ujar Kades Mojotengah menanggapi pembukaan wisata Joglo Apung Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES