Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke-12 Dibuka

Senin, 18 Januari 2021 - 18:25 | 73.60k
Sebuah informasi tentang pendaftaran Kartu Prakerja kembali beredar di media sosial WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Sebuah informasi tentang pendaftaran Kartu Prakerja kembali beredar di media sosial WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi tentang pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 kembali beredar di media sosial WhatsApp. Pesan ini tersebar secara berantai melalui WhatsApp Group. 

Berikut informasi dan narasi yang beredar di media sosial 

Advertisement

"http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12

Kartu Prakerja Gelombang 12 Telah Dibuka"

cek-fakta-prakerja.jpg

CEK FAKTA

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi terkait pendaftaran Kartu Prakerja ke-12 merupakan informasi yang salah. Informasi tersebut merupakan tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. 

Menurut hasil penelusuran di media sosial instagram @prakerja.go.id. Alamat website yang dicantumkan dalam link tersebut keliru. Karena, akun instagram resmi @prakerja.go.id menyebutkan, alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.

"Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.ㅤㅤ

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id

Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.ㅤㅤ

Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!ㅤㅤ

Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.idㅤㅤ

Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini:ㅤㅤ

0800-150-3001 (bebas pulsa)ㅤㅤ

#SiapDariSekarang".

cek fakta prakerja 2Sumber: Postingan Instagram/@prakerja.go.id

Penelusuran dalam mesin pencari mengarah ke artikel Liputan6 yang berjudul "Waspada, Modus Penipuan Berkedok Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12", pada 18 Januari 2021. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pengumuman mengenai program Kartu Prakerja selalu dimuat di laman resmi Kartu Prakerja yaitu www.prakerja.go.id.

"Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja. Bisa jadi itu modus penipuan, lho! Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id," demikian dikutip dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, Senin (18/1/2021).

Artikel tersebut menjelaskan masyarakat juga harus hendaknya memperhatikan akhiran situs "go.id". Jika sebuah situs web diakhiri dengan "go.id", maka situs tersebut resmi milik pemerintah. Kemudian, selalu ingat untuk tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang mencurigakan atau tidak bertanggung jawab.

"Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja," ujar admin @prakerja.go.id.

Berikut alamat situs dan akun media sosial resmi program Kartu Prakerja: Website: www.prakerja.go.id​Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id​Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id

cek fakta prakerja 3Sumber: Waspada, Modus Penipuan Berkedok Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

KESIMPULAN

Berdasarkan fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi terkait pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12 merupakan informasi hoaks. Sebab, peristiwa tersebut berlainan dengan fakta yang terjadi. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi terkaitpendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12 merupakan Misleading Content atau Konten Menyesatkan. Konten penyesatan ini terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar atau video, yang diedit ataupun ditambahkan keterangan sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. Konten ini berbeda konteks dengan fakta aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES