Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Bansos dari BPJS Rp3.550.000 untuk Pekerja antara Tahun 2000 dan 2021

Senin, 15 Maret 2021 - 09:03 | 106.55k
Informasi tentang bantuan sosial tunai dari BPJS Kesehatan berdar di WhatsApp Group. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Informasi tentang bantuan sosial tunai dari BPJS Kesehatan berdar di WhatsApp Group. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi tentang bantuan sosial tunai dari BPJS sebesar Rp3.550.000 bagi yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021, beredar di media sosial WhatsApps baru-baru ini. Informasi tersebut dilengkapi dengan situs atau website untuk mengecek nama penerima bantuan.

Berikut narasi yang beredar:

Advertisement

Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.000.

Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat

Daftar lengkap
https://bpjs.club/bantuan/?bpjs 

cek fakta bansos BPJS 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Menurut hasil penelusuran TIMES Indonesia, situs atau website tersebut bukan resmi dari BPJS Kesehatan. Website resmi BPJS Kesehatan adalah bpjs-kesehatan.go.id. 

Penelusuran juga dilakukan oleh medcom.id, yang menyimpulkan bahwa informasi atau klaim para pekerja antara tahun 2000 dan 2021 mendapatkan bantuan Rp3.550.000, adalah salah. Faktanya, ini kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat

cek-fakta-bansos-BPJS-6.jpgSumber: Cek Fakta Bantuan Rp3 550 000 untuk Pekerja antara Tahun 2000 dan 2021 dari BPJS Ini Faktanya | Medcom

Tim juga menelusuri melalui mesin pencari, ditemukan pada akhir tahun 2020 lalu informasi serupa (hanya berbeda narasi dan nominal) pernah beredar. Dan BPJS Kesehatan mengklarifikasinya. Masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan.

“Sahabat, kalian harus berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan ya!,” tulis akun Instagram @bpjskesehatan_ri pada 14 Desember 2020.

cek fakta bansos BPJS 3Sumber: Tangkapan layar Instagram/@bpjskesehatan_ri

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan kemiripan informasi hoaks ini dengan infromasi yang diperiksa pada 25 Februari 2021. Dalam informasi ini menginformasikan BPJS Kesehatan, akan mengganti uang Rp37 juta sebagai bentuk bantuan dari pemerintah.

cek fakta bansos BPJS 4Sumber: [CEK FAKTA] Bantuan BPJS Kesehatan akan Diganti Uang Tunai 37 Juta | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Berdasarkan penelusuran fakta-fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi tentang bantuan sosial tunai dari BPJS sebesar Rp3.550.000 bagi yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021, merupakan informasi hoaks. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang bantuan sosial tunai dari BPJS sebesar Rp3.550.000 bagi yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021, termasuk Fabricated Content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES