Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Link Berhadiah dari Garuda Indonesia

Sabtu, 17 April 2021 - 20:25 | 160.62k
Sebuah tautan atau link berhadiah dari maskapai Garuda Indonesia beredar di WhatsApp.
Sebuah tautan atau link berhadiah dari maskapai Garuda Indonesia beredar di WhatsApp.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi berisi tautan atau link berhadiah dari maskapai Garuda Indonesia beredar di media sosial. Informasi tersebar secara berantai di sejumlah WhatsApps Grup (WAG). Dalam tautan itu disebutkan bahwa Garuda Indonesia akan membagikan hadiah tahun baru. 

Namun, setelah dibuka lebih lanjut, calon pemenang akan diminta untuk mengisi  survei pada link tersebut.

Advertisement

Berikut tautan atau link yang tersebar di media sosial WhatsApps:

http://uzyivzf.cn/ele/tb.php?ct=id

cek-fakta-link-berhadiah-2.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA 

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait tautan atau link berhadiah dari Garuda Indonesia tidak benar. Sebab, tidak ada informasi resmi yang menyebutkan bahwa Garuda Indonesia menggelar event dengan berbagi hadiah. 

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, melalui mesin pencari ditemukan bahwa informasi tersebut salah. Pihak resmi Garuda Indonesia membantah adanya program bagi hadian tahun baru. 

Menurut informasi dari Liputan6, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei tersebut hoaks.

"Hoaks" tegas Irfan, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut Irfan, informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei bukan program Garuda Indonesia.

"Bukan program Garuda Indonesia,'" ujarnya.

cek fakta link berhadiah 3Sumber: Cek Fakta: Hoaks Informasi Garuda Indonesia Bagikan Hadiah Gratis dengan Cara Ini | Liputan6

TIMES Indonesia juga menelusuri laman resmi Garuda Indonesia. Pihak maskapai penerbangan milik negara ini memberikan penjelasan resmi terkait link survei berhadiah yang mengatasnamakan Garuda Indonesia.

Pihak Garuda Indonesia memastikan bahwa perusahaan tidak pernah mengeluarkan informasi maupun aktivitas promo yang terdapat dalam situs tersebut.

"Adapun seluruh informasi mengenai  aktivitas promosi dan survey akan disampaikan melalui kanal Informasi resmi Garuda Indonesia baik melalui email, website, call center, social media maupun channel Informasi resmi lainnya," demikian pernyataan resmi Garuda Indonesia pada Kamis (15/4/2021) yang dikutip TIMES Indonesia pada Sabtu (17/4/2021). 

Dalam penjelasannya, Garuda Indonesia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk memastikan kebenaran informasi mengenai adanya aktivitas survei berhadiah atau program pemasaran lainnya di luar sumber resmi Garuda Indonesia melalui pengecekan secara berkala pada situs website resmi (garuda-indonesia.com) atau call center Garuda 24 jam di nomor 0804 1807 807 dan 021-23519999 serta melalui Twitter @indonesiagaruda dan @garudacares.

cek fakta link berhadiah 4Sumber: PENJELASAN GARUDA INDONESIA TERKAIT PENIPUAN SURVEY BERHADIAH | Garuda Indonesia

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai tautan berhadiah dari Garuda Indonesia, merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi, dan belum ada informasi dari sumber resmi Garuda Indonesia terkait hal tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang tautan berhadiah dari Garuda Indonesia dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES