Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Tangkapan Layar Anies Baswedan Siap Pimpin Jihad Lawan Tentara Israel

Rabu, 19 Mei 2021 - 09:13 | 111.02k
Unggahan artikel tentang Anies Baswedan siap memimpin jihad melawan tentara Israel.
Unggahan artikel tentang Anies Baswedan siap memimpin jihad melawan tentara Israel.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tangkapan layar artikel tentang Anies Baswedan siap memimpin jihad melawan tentara Israel, beredar di media sosial Twitter.

Tangkapan layar disertai narasi tersebut diunggah oleh akun Twitter @DoanxEwon pada 18 Mei 2021 pukul 7.32 WIB. Berikut narasinya:

Advertisement

Gue dukung 1000% !
Kalo ada yg galang donasi buat ongkos,gue ikutan.
Beneran yah... @aniesbaswedan !?!

CEK FAKTA Anies Baswedan Jihad lawan Israel 2Sumber: Tangkapan Layar Twitter

CEK FAKTA

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, tangkapan layar artikel tersebut, tidak benar.

Tim Cek Fakta melakukan penelusuran melalui mesin pencari dengan sejumlah kata kunci yang terkait dengan tangkapan layar artikel.

Pertama kali menelusuri laman detik.com untuk mengecek artikel yang dimuat pada 1 Juli 2019 pukul 10.02 WIB, sebagaimana tampak pada tangkapan layar yang beredar.

Hasilnya, tim tidak terdapat artikel yang berjudul: Hidup Mulia Atau Mati Syahid, Anies Baswedan Siap Pimpin Jihad Lawan Tentara Israel. Dan tidak ada artikel yang ditayangkan pada pukul 10.02 WIB.

CEK FAKTA Anies Baswedan Jihad lawan Israel 4Sumber Tangkapan Layar: Detik.com

Untuk lebih memastikan, kami menelusuri nama yang tercantum dalam tangkapan layar tersebut, yaitu Abu Azzam di laman detik.com. Kami juga tidak menemukan nama tersebut sebagai penulis artikel.

CEK FAKTA Anies Baswedan Jihad lawan Israel 3Sumber Tangkapan Layar: Google

Selanjutnya dilakukan verifikasi terhadap foto pada tangkapan layar tersebut. Kami menemukan foto yang sama pada artikel berjudul "Aksi Bela Al-Quds, Ini Kata Anies" yang diterbitkan oleh laman biem.co pada 13 Mei 2018. Di situ tercantum sumber foto: Instagram @aniesbaswedan. Sementara dalam tangkapan layar tertulis sumber foto: Getty Images/AFP.

Tangkapan Layar dan Sumber:

CEK FAKTA Anies Baswedan Jihad lawan Israel 5Sumber: Soal Aksi Bela Al-Quds, Ini Kata Anies Baswedan | biem.co

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, tangkapan layar artikel tentang Anies Baswedan siap memimpin jihad melawan tentara Israel, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, tangkapan layar artikel tentang Anies Baswedan siap memimpin jihad melawan tentara Israel dalam kategori Imposter content (konten tiruan). 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES