Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Viral, Perempuan Lahirkan 10 Bayi Sekaligus

Sabtu, 10 Juli 2021 - 08:34 | 75.78k
Postingan tentang seorang perempuan dari Afrika Selatan melahirkan 10 bayi sekaligus.
Postingan tentang seorang perempuan dari Afrika Selatan melahirkan 10 bayi sekaligus.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial Twitter dengan narasi tentang seorang perempuan dari Afrika Selatan yang memecahkan rekor dunia dengan melahirkan 10 bayi sekaligus. Postingan yang diunggah akun Twitter @Magic12R tersebut disertai foto seorang perempuan sedang hamil besar.

Berikut narasi yang beredar di Twitter:

Advertisement

BREAKING : Yesterday a south African woman Gauten broke Guinness world record by giving birth to TEN BABIES breaking the previous record held by a  Malian woman Halima Cesse who gave birth to nine babies in Morocco last month...wonders never end..

Terjemahan:

BREAKING : Kemarin seorang wanita Afrika selatan Gauten memecahkan rekor dunia Guinness dengan melahirkan SEPULUH BAYI memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh seorang wanita Mali Halima Cesse yang melahirkan sembilan bayi di Maroko bulan lalu...keajaiban tidak pernah berakhir..

Unggahan tersebut hingga 9 Juli 2021 pukul 15.50 WIB, mendapat 82 kali retweet, 1 komentar dan 124 tanda suka (like). 

cek fakta perempuan hamil 2Sumber: Tangkapan layar Twitter

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tentang perempuan dari Afrika Selatan yang memecahkan rekor dunia dengan melahirkan 10 bayi sekaligus, tidak benar. 

Mengutip turnbackhoax.id, jaringan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, ditemukan fakta bahwa perempuan yang mengaku telah melahirkan 10 bayi sekaligus telah berbohong.

Beberapa waktu lalu, berita mengenai seorang perempuan bernama Gosiame Thamara Sithole melahirkan 10 bayi sekaligus, viral di media sosial. 

Sebelumnya, pada 8 Juni 2021 media berita lokal Pretoria News yang awal kali memberitakan bahwa di daerah Thembesia, Provinsi Gauteng, terdapat seorang wanita yang melahirkan 10 bayi sekaligus dan telah memecahkan rekor dunia. Salah satu reporternya mengandalkan sumber dari pesan WhatsApp seorang teman dan tidak mendapatkan konfirmasi independen dari rumah sakit tempat Gosiame melahirkan.

Penggalangan dana pun dilakukan oleh masyarakat untuk membantu Gosiame. Donasi tersebut dinamakan “Thembisa 10”, dana yang sudah terkumpul mencapai 70.000 dollar atau setara dengan 1 miliyar rupiah.

Beberapa hari setelah berita menyebar ke publik, masyarakat skeptis terhadap kebenaran informasi yang diberitakan Pretoria News, pasalnya Pteroria News tidak bisa membuktikan rumah sakit tempat Gosiame melahirkan. 

Semua rumah sakit di Provinsi Gauteng mengklarifikasi bahwa tidak ada seorang wanita yang melahirkan 10 bayi sekaligus. Pun pemerintah setempat juga belum mengonfirmasi adanya warga yang berhasil memecahkan rekor dunia dengan melahirkan 10 anak.

Menurut Pretoria News, Gosiame dan pacarnya yang bernama Tebogo Tsoetsi berselisih pendapat. Tebogo berterus terang bahwa ia tidak mengetahui adanya kelahiran 10 bayi dari pacarnya itu. Gosiame pun ditangkap polisi setelah Tebogo melaporkan bahwa pacarnya tersebut sempat menghilang dari publik. 

Kemudian Tebogo meminta masyarakat untuk menghentikan sumbangan. Sedangkan Gosiame menuduh Tebogo telah mengambil keuntungan dari sumbangan yang telah terkumpul.

Pada dini hari tanggal 17 Juni 2021, Gosiame Sithole dijemput di rumahnya dan dibawa ke bangsal psikiatri untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

cek fakta perempuan hamil 3Sumber: [SALAH] Seorang Wanita Memecahkan Rekor Dunia dengan Melahirkan 10 Bayi Sekaligus | Turnbakhoax

cek fakta perempuan hamil 4Sumber: Fact Check: Woman claiming to have given birth to 10 babies found fake, admitted to psychiatric ward | DNA India

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tentang perempuan asal Afrika Selatan yang melahirkan 10 bayi sekaligus dan memecahkan rekor dunia Guinness, merupakan informasi hoaks.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES