Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Satpol PP Minta Tambal Ban Buka Secara Online

Kamis, 15 Juli 2021 - 09:34 | 97.10k
Video seorang petugas Satpol PP yang meminta tukang tambal ban buka secara online.
Video seorang petugas Satpol PP yang meminta tukang tambal ban buka secara online.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video berdurasi singkat yang menunjukkan seorang petugas Satpol PP yang meminta tukang tambal ban buka secara online. 

Video berdurasi 7 detik itu beredar di media sosial Facebook. Salah satunya diunggah oleh akun Dunia Davinci pada 12 Juli 2021. 

Dalam video itu tampak seorang petugas yang sedang berada di kios tambal ban. Dia mengatakan, mulai hari ini sampai tanggal 20 tidak ada yang melayani kecuali online. 

Berikut narasi yang disertakan dalam video:

“Tambal Ban sekarang harus Online, dilarang Konvensional”

cek fakta Tambal Ban online 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

Selain beredar dalam bentuk video singkat, di Facebook juga beredar dalam bentuk tangkapan layar, serta diberikan narasi. Seperti diunggah akun Debby Ainee. Dalam postingannya, akun tersebut menyertakan narasi yang menggambarkan suasana dan percakapan dalam video.

Berikut narasinya:

Jumat 9 Juli 2021 tersebut, tampak beberapa petugas Satpol PP mendatangi kios warga. Kemudian, salah satu petugas meminta agar dibuka online saja.

“Mulai hari ini sampai tanggal 20 (Juli). Tidak melayani, kecuali online,” ujar petugas tersebut.

Sontak, pemilik bengkel tambal ban tersebut kebingungan. “Lah, tambal ban online pak?” tanya pemilik bengkel.

cek-fakta-Tambal-Ban-online-4.jpgSumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video singkat yang diklaim petugas Satpol PP meminta tambal ban buka secara online, merupakan informasi keliru. 

Hasil penelusuran tim cek fakta, video tersebut sudah dipotong. Dalam video yang lebih utuh, berdurasi 18 detik, petugas Satpol PP tersebut mempersilakan tambal ban tetap beroperasi. Seperti diunggah oleh akun Instagram @explorekabkaranganyar.

cek fakta Tambal Ban online 5Sumber: Tangkapan layar Instagram/@explorekabkaranganyar

Dilansir dari solopos.com, petugas Satpol PP yang berbicara dengan tukang tambal ban itu bernama Sugimin, yang menjabat Kasi Ketenteraman dan Ketertiban Satpol PP Karanganyar. 

Saat itu, Sugimin bersama sejumlah anggota tim gabungan sedang melakukan penertiban aturan PPKM darurat. Ia terlibat percakapan dengan seseorang yang diduga tukang tambal ban.

Sugimin menyampaikan video yang tersebar di media sosial tidak utuh. Oleh karena itu warga Internet yang melihat video tersebut salah paham.

“Jadi tambal ban selama masa PPKM Darurat tutup jam 17.00 WIB. Tapi masih bisa menerima jasa panggilan atau jemput bola. Di media sosial sebagai besar [warga Intenet] memojokkan,” tutur Sugimin.

cek fakta Tambal Ban online 6Sumber: Sosok Di Video Viral Tambal Ban Online Ternyata Anggota Satpol PP Karanganyar, Begini Ceritanya | Solopos

Pemeriksaan atas kejadian sebenarnya, juga dilakukan oleh Mafindo, jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, melalui Turnbackhoax.id.

cek fakta Tambal Ban online 7Sumber: [SALAH] Video “Tambal Ban sekarang harus Online, dilarang Konvensional” | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim petugas Satpol PP yang meminta tukang tambal ban buka secara online, tidak benar. Video yang diunggah tidak utuh.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading Content terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES