Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Salah, Foto Jokowi Membaca Buku "SBY Selalu Mangkrak"

Selasa, 24 Agustus 2021 - 17:48 | 82.38k
Unggahan foto Presiden Jokowi sedang membaca buku berjudul SBY Selalu Mangkrak.
Unggahan foto Presiden Jokowi sedang membaca buku berjudul SBY Selalu Mangkrak.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar foto Presiden Jokowi membaca buku berjudul "SBY Selalu Mangkrak". Foto tersebut diunggah di media sosial Facebook oleh akun Antoni Simbolon pada 9 Agustus 2021.

Foto tersebut memperlihatkan Jokowi memegang buku bersampul warna putih bertuliskan SBY Selalu Mangkrak. Terlihat ekspresi wajah Jokowi dengan keritan di dahi saat membaca buku tersebut.

Advertisement

Akun Antoni Simbolon menambahkan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

SETIAP LIHAT SI MANGKRAK..
PAKDE SEDIKIT PUSING..

cek fakta komik jokowi 2Sumber: Facebok (https://www.facebook.com/antoni.simbolon.10/posts/1945808618927885)

CEK FAKTA

Kami, Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri keaslian tersebut dengan menggunakan bantuan Reverse Image. Hasilnya, kami menemukan foto asli adalah Jokowi membaca buku komik Si Juki.

Melansir dari tribunnews.com, buku Komik Si Juki diperoleh Jokowi dari anaknya, Kaesang Pangarep. Hal itu disampaikan oleh Faza Meonk, kreator Si Juki, dalam laman resmi sijuki.com.

cek fakta komik jokowi 3Sumber: Foto Presiden Jokowi Berkerut saat Baca Komik Jadi Viral, Begini Kisahnya | Tribunnews

Mengutip suara.com, foto tersebut diambil ketika Jokowi tengah membaca komik si Juki dalam perjalanan dari Jakarta menuju ke Semarang pada tahun 2016 lalu.

cek fakta komik jokowi 4Sumber: CEK FAKTA: Foto Jokowi Membaca Buku 'SBY Selalu Mangkrak' Benarkah? | Suara

Mengenai kerutan di dahi Jokowi saat membaca komik tersebut, dalam artikel berjudul "Analisa Ekspresi Jokowi Baca Komik Si Juki" yang dimuat sijuki.com, disajikan beberapa kemungkinannya. Salah satunya, Buku #BeraniGagal yang dibaca Jokowi itu tulisannya terlalu kecil. Artikel ini menyajikan tulisan ringan dengan gaya bahasa sehari-hari.

cek fakta komik jokowi 5Sumber: Analisa Ekspresi Jokowi baca komik si Juki | SI JUKI

Masih berkaitan dengan komik Si Juki, mengutip liputan6.com, Faza Menong mengaku senang komiknya mendapat perhatian dari Jokowi.

"Waktu pertama kali mengetahui Pak Jokowi baca komik Si Juki rasanya Amazing sekali. Ternyata Pak Jokowi juga baca komik yang saya buat," ujarnya, Sabtu (18/6/2016).

cek fakta komik jokowi 6Sumber: Komiknya Dibaca Presiden Jokowi, Faza Terkejut | Liputan6

Kami juga menemukan bahwa foto serupa, yakni Jokowi dengan ekspresi kerutan di dahi, juga pernah beredar tetapi dengan buku berbeda. Turnbackhoax.id, pernah memeriksa dan dimuat dalam artikel berjudul [SALAH] Foto Jokowi Membaca Buku 'Das Kapital'.  

cek fakta komik jokowi 7Sumber: [SALAH] Foto Jokowi Membaca Buku “Das Kapital” | Turnbackhoax

Selain itu, turnbackhoax.id juga pernah memeriksa fakta atas foto serupa dalam artikel berjudul [SALAH] Gambar Jokowi Membaca Komik Doraemon.

cek fakta komik jokowi 8Sumber: [SALAH] Gambar Jokowi Membaca Komik Doraemon | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto Jokowi membaca buku berjudul SBY Selalu Mangkrak, salah. Foto tersebut merupakan hasil editan. Foto sebenarnya, Jokowi membaca komik Si Juki berjudul #BeraniGagal.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut termasuk dalam kategori Satire atau parodi Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES