Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Penyedap Rasa Merk Ajinomoto Mengandung Tulang Babi

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:47 | 150.71k
Informasi hoaks tentang penyedap rasa merk Ajinomoto mengandung tulang babi.
Informasi hoaks tentang penyedap rasa merk Ajinomoto mengandung tulang babi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi penyedap rasa merk Ajinomoto mengandung tulang babi. Kabar tersebut dibagikan di media sosial Facebook oleh akun Zul Karna IN (https://web.facebook.com/zulkarnain.in.77) pada 4 Agustus 2021.

Dalam postingannya, akun tersebut mengunggah dua gambar yang disandingkan. Gambar sisi kiri memperlihatkan menunjukkan logo Umami Information Center dengan gambar daging babi di bawahnya. Sedangkan gambar di sisi kanan memperlihatkan wujud penyedap masakan merk Ajinomoto dengan tulisan "Umami Seasoning" di bawahnya.

Advertisement

Akun Zul Karna IN menyertakan narasi berikut:

Umami: Campuran tulang BABI..? Silahkan mikir sendiri az....

cek fakta ajinomoto 2Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/zulkarnain.in.77/posts/1002863757196093)

CEK FAKTA

Tim Cek Fakta menelusuri kabar penyedap rasa merk Ajinomoto mengandung tulang babi. Berdasarkan penelusuran kami, kabar tersebiut tidak benar.

Kami menelusuri menggunakan mesin pencari Google, dengan kata kunci tertentu yakni "ajinomoto mengandung tulang babi". Hasilnya, ditemukan sejumlah artikel terkait. Kami juga menelusuri dengan kata kunci: Umami.

Dalam artikel berjudul What Is Umami? Learn More About the Fifth 'Taste'" yang dimuat thespruceeats.com, pada 9 September 2020 menyebutkan, Umami diterjemahkan menjadi "rasa gurih yang menyenangkan" dan telah digambarkan sebagai kaldu atau gemuk. Anda bisa merasakan umami dalam makanan yang mengandung asam amino glutamat tingkat tinggi, seperti keju parmesan, rumput laut, miso, dan jamur. 

cek fakta ajinomoto 3Sumber: What Does Umami Taste Like? | The Spruce Eats

Mengutip laman umamiinfo.com, umami adalah istilah umum yang digunakan terutama untuk zat yang menggabungkan asam amino glutamat, dan/atau nukleotida inosinat dan guanilat, dengan mineral seperti natrium dan kalium.

Glutamat ditemukan di berbagai makanan termasuk daging, ikan dan sayuran. Inosinat ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan hewani seperti daging dan ikan, sedangkan guanilat dalam jumlah besar dapat ditemukan dalam produk jamur kering seperti shiitake kering.

cek fakta ajinomoto 4Sumber: Whats is Umami | Umami Information Center

Penjelasan mengenai Umami dari Ajinomoto juga bisa dilihat di sini (https://www.ajinomoto.co.id/id/umami-indonesia).  Disebutkan, umami adalah rasa dasar ke-5 selain rasa manis, asin, asam dan pahit. Sementara itu, menurut kamus gizi Indonesia, Umami sebagai rasa tambahan untuk 4 komponen utama rasa (manis,asam,asin, dan pahit). Di Indonesia, orang mengenal umami sebagai rasa gurih. Komponen utama yang menciptakan rasa umami dalam makanan adalah asam amino glutamat, dan salah satu sumber rasa umami adalah sebagai MSG atau monosodium glutamat. 

Dalam pencarian di mesin pencari, kami juga menemukan penjelasan/klarifikasi dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Komestikan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) perihal Ajinomoto, salah satunya. Pada pernyataan resmi yang dimuat di situs resmi halalmui.org pada 17 Desember 2020, produk MSG Ajinomoto dinyatakan halal. 

"Produk MASAKO, MSG AJINOMOTO, Tepung Bumbu SAJIKU dan Saos Tiram SAORI dari PT. Ajinomoto Indonesia, dengan nomor Ketetapan Halal MUI 00060008910908 yang berlaku hingga tanggal 23 Juli 2021," demikian kutipannya.  

cek fakta ajinomoto 5Sumber: Klarifikasi Hoax Produk SASA, Masako, Royco, Ajinomoto, dan Indomie | LPPOM MUI

Kabar Ajinomoto mengandung babi sudah pernah beredar sebelumnya, sebagaimana pernah dilakukan pemeriksaan fakta oleh Liputan6. Saat itu bukan hanya merk Ajinomoto, tapi ada sejumlah produk lainnya. 

Dikutip dari liputan6.com, Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati mengatakan, informasi klaim MUI menetapkan Masako, Sasa, Ajinomoto dan bumbu Indomie goreng haram karena mengandung babi adalah hoaks.

cek fakta ajinomoto 6Sumber: Cek Fakta: Hoaks MUI Haramkan Masako, Sasa, Ajinomoto dan Bumbu Indomie Goreng karena Mengandung Babi | Liputan6

Mengutip situs resmi ajinomoto.co.id, PT Ajinomoto Indonesia menyebutkan, secara konsisten menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabriknya untuk Jaminan Produk Halal. Penerapan SJH mengacu pada aturan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Disebutkan juga bahwa PT Ajinomoto Indonesia mempertahankan peringkat A dan meraih “HAS Award 2021” dari LPPOM MUI.

cek fakta ajinomoto 7Sumber: PT AJINOMOTO INDONESIA Berkomitmen untuk Konsisten Melaksanakan Sistem Jaminan Halal demi Membangun Kepercayaan Masyarakat Indonesia | Ajinomoto

Pemeriksaan atas informasi penyedap rasa merk Ajinomoto mengandung tulang babi juga dilakukan liputan6.com (Cek Fakta: Tidak Benar Penyedap Rasa Ajinomoto Mengandung Tulang Babi | Liputan6), dan turnbackhoax.id ([SALAH] “Umami: Campuran tulang BABI” | Turnbackhoax). 

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi bahwa umami pada penyedap rasa Ajinomoto terkandung campuran tulang babi, tidak benar. LPPOM MUI memastikan produk tersebut halal. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES