Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Salah, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj Anak Tokoh PKI

Kamis, 30 September 2021 - 19:58 | 118.96k
Unggahan tangkapan layar pesan berantai disertai narasi yang menyebutkan bahwa KH Said Aqil Siradj merupakan anak tokoh PKI, Achmad Dasuki Siradj.
Unggahan tangkapan layar pesan berantai disertai narasi yang menyebutkan bahwa KH Said Aqil Siradj merupakan anak tokoh PKI, Achmad Dasuki Siradj.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar narasi di media sosial bahwa Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) KH Said Aqil Siradj merupakan anak tokoh PKI, Achmad Dasuki Siradj.

Narasi ini dibagikan akun facebook Devan Baskara (https://www.facebook.com/devan.baskara.1) di grup KHOIRU UMMAH (K.U). Akun tersebut mengunggah gambar berisi narasi tersebut, Rabu 29 September 2021. 

Advertisement

Narasi tersebut tertuang dalam kolase berisi foto KH Said Aqil Siradj berdampingan dengan foto atas nama Achmad Dasuki Siradj. Tertera nomor anggota 215 dari Fraksi PKI (Partai Komunis Indonesia). Dalam poster kolase tersebut terdapat tulisan berikut: 

Eehhh,,,ternyata anak PKI.
Pantas aja dia Bikin Islam Nusantara dan benci dengan aturan Islam

cek fakta said aqil pki

Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/464014808078400/posts/574592257020654/)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj anak tokoh PKI, salah. Dengan menggunakan mesin pencari Google, kami menemukan klaim tersebut pernah beredar sebelumnya. Artinya merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Kami mengetikkan kata kunci tertentu dan muncul sejumlah artikel dari media massa mengenai klaim KH Said Aqil Siradj yang dikaitkan dengan PKI. Salah satunya medcom.id. Dalam artikelnya yang dipublikasikan pada 23 April 2021, medcom.id menelusuri klaim terkait Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

Said Aqil Siradj merupakan putra dari pasangan KH Aqiel Siradj dan Nyai Hj Afifah binti Kyai Harun. Aqiel Siradj merupakan pengasuh Pondok Pesantren Kempek yang menjadi salah satu pesantren penting di Cirebon. Kyai Aqiel merupakan menantu dari Kyai Harun bin Abdul Jalil, yang menjadi benteng dari Pesantren Kempek.

Said Aqiel Siradj adalah putra kedua dari lima bersaudara yang dikenal dengan sebutan Pandawa Lima yaitu Abuya KH. Ja'far Shodiq Aqiel Siradj (Alm), KH. Said Aqiel Siradj, KH. Muh. Musthofa Aqiel Siradj, KH. Ahsin Syifa Aqiel Siradj (Alm) dan KH. Ni'amillah Aqiel Sirad.

Kelima bersaudara tersebut berdomisili di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon kecuali KH. Said Aqiel Siradj berdomisili di Jakarta karena tugas beliau sebagai ketua umum PBNU yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Ayahhanda Kyai Aqiel mewarisi darah ulama, dari pesantren Gedongan, Cirebon. Ia merupakan putra dari Kyai Siradj, yang masih keturunan dari Kyai Muhammad Said Gedongan, Cirebon.

Kyai Muhammad Said, merupakan ulama yang menyebarkan Islam dengan mengajar santri di pesantren, dan turut berjuang melawan penjajah Belanda.

Kyai Muhammad Said Gedongan wafat pada tahun 1931. Gedongan terletak di Desa Ender, Kecamatan Pangenan, di kawasan Timur Cirebon, Jawa Barat.

cek fakta said aqil pki 2Sumber: [Cek Fakta] Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Keturunan PKI? Ini Faktanya | Medcom

Mengutip rri.co.id, KH. Muh. Musthofa yang merupakan adik kandung Said Aqil Siradj mengatakan, Said Aqil terlahir dengan nama Ahmad Said bin Aqiel bin Siradj bin Muhammad Said. Said Aqil Siradj lahir pada 3 Juli 1953, di Kempek, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

cek fakta said aqil pki 3Sumber: Said Aqil, Doyan Minum Bekas Kobokan Ayahanda | RRI

Sementara, Achmad Dasuki Siradj adalah tokoh PKI yang lahir pada 23 Mei 1903 di Surakarta, Jawa Tengah.

Saat PKI melakukan pemberontakan pada Belanda November 1926, Ahmad Dasuki menjadi salah satu yang ditangkap. Sebanyak 1000 orang ditangkap di Surakarta. 500 orang kemudian dibebaskan setelah dilakukan penahanan dan diinterogasi. 417 kemudian dipenjara setelah diadili.

cek fakta said aqil pki 4Sumber: Achmad Dasuki Siradj - PKI (Partai Komunis Indonesia) Profil Anggota - Konstituante.net

Selain medcom.id, kami juga menemukan artikel dari kompas.tv yang menelusuri klaim serupa. Dalam artikelnya, kompas.tv yang mengutip nu.or.id, menuliskan bahwa Said Aqil Siradj masih merupakan keturunan Kiai Muhammad Said Gedongan.

“Kiai Said Gedongan merupakan ulama yang menyebarkan Islam dengan mengajar santri di pesantren dan turut berjuang melawan penjajah Belanda,” tulis Ahmad Naufa Khoirul Faizin di nu.or.id.

Sedangkan Achmad Dasoeki, masih dikutip dari kompas.tv, memiliki tiga anak yang bernama Achmad Baiquni, Rofiatun Ningsih, dan Marwani.

Achmad Dasoeki adalah murid Haji Misbach, tokoh gerakan komunisme Islam. Ia pernah belajar di Pondok Pesantren Kasingan Rembang, Madrasah Jamsaren, dan Madrasah Mambaul Ulum Surakarta.

Ia adalah tokoh yang keras melawan penjajahan Belanda dan menegakkan ajaran Islam.

Dalam artikel tersebut, tidak terdapat keterangan apapun hubungan antara KH Said Aqil Siradj dengan tokoh PKI bernama Achmad Dasoeki Siradj.

cek fakta said aqil pki 5Sumber: Hoaks Said Aqil Siradj Dituduh Anak PKI, Ini Fakta Sebenarnya | Kompas TV

KESIMPULAN

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj merupakan anak tokoh PKI Achmad Dasoeki Siradj, salah. Tidak ada kaitan antara keduanya.
 
Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES