Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Anies Baswedan Tak Mau Kalah Test Drive Sirkuit

Selasa, 16 November 2021 - 16:22 | 54.12k
Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengendarai motor gede yang diklaim sedang melakukan test drive di sirkuit.
Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengendarai motor gede yang diklaim sedang melakukan test drive di sirkuit.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial dengan narasi tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mau kalah dengan Presiden Joko Widodo dalam melakukan test drive di sirkuit. Video ini beredar di media sosial Facebook.

Salah satunya diunggah oleh akun Nhana Kirana pada Minggu, 14 November 2021. Video berdurasi 14 detik itu memperlihatkan Anies Baswedan mengendarai motor gede. Dalam video terdapat tulisan berikut:

Advertisement

Anies Juga ga kalah 
Tes DriveSirkuit Monas

Akun Nhana Kirana juga menyertakan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

Gottbener gak mau kalah dengan presiden joko widodo !!
Pasang Aksi Berlagak  prof Naik Moge Boro² Bisa finis jajal lintasan tempat suci kaumnya di se panjang jln Bundaran Monas
Satu x Gass GAS POL Rem Bolong tepar
Ne org mau Ngapain aja gak Membawa Berkah

cek fakta Anies Baswedan Test Drive Sirkuit

Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/221901359431565/posts/413582280263471)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa video tersebut memperlihatkan Anies Baswedan tidak mau kalah dengan Jokowi dalam test drive sirkuit, salah. Kami menelusuri dengan mesin pencari dan menemukan video tersebut merupakan video lama.

Video yang diunggah akun Nhana Kirana itu sebenarnya memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjajal motor baru petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Video tersebut bisa disimak di sejumlah kanal YouTube salah satunya CNN Indonesia yang ditayangkan pada 9 Agustus 2018. 

Mengutip dari keterangan di kanal tersebut, saat itu, Anies memimpin apel kesiapan Dishub DKI Jakarta untuk perhelatan Asian Games 2018. Di sela-sela acara, Anies Baswedan sempat menjajal tiga motor ber- cc mesin besar, yang akan digunakan para petugas Dishub DKI, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

cek fakta Anies Baswedan Test Drive Sirkuit 2Sumber: Ini Momen Saat Anies Baswedan Jatuh Dari "Moge" | YouTube

Kami juga menemukan video serupa dibagikan di kanal YouTube Tribunnews denganh judul "Anies Baswedan Sempat Terjatuh Usai Menjajal Moge Dishub DKI Jakarta" yang ditayangkan pada 8 Agustus 2018. Disebutkan, momen Anies menjajal motor DIshub itu terjadi pada Rabu (8/9/2018).

cek fakta Anies Baswedan Test Drive Sirkuit 3Sumber: Anies Baswedan Sempat Terjatuh Usai Menjajal Moge Dishub DKI Jakarta | YouTube

Sementara, Presiden Joko Widodo melakukan test dirve di sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat terjadi pada 12 November 2021.  Saat menjajal sirkuit, Jokowi menggunakan motor balap berwarna hijau yang telah dimodifikasi. 

cek fakta Anies Baswedan Test Drive Sirkuit 4Sumber: Presiden RI Jokowi Gunakan Produk Lokal Saat Menjajal Sirkuit Mandalika | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa video itu memperlihatkan Anies tidak mau kalah dengan Jokowi test drive sirkuit, adalah salah. Faktanya, video yang diunggah akun Nhana Kirana itu adalah video lama, terjadi pada tahun Agustus 2018. Sementara Jokowi menjajal sirkuit pada November 2021.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES