Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Pesawat Garuda Indonesia Melakukan Pendaratan Darurat

Selasa, 11 Januari 2022 - 16:45 | 137.38k
Tangkapan layar video pendaratan darurat pesawat Garuda Indonesia.
Tangkapan layar video pendaratan darurat pesawat Garuda Indonesia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang memperlihatkan pesawat bertuliskan Garuda Indonesia kesulitan dalam melakukan pendaratan darurat di suatu bandara. Video tersebut beredar di media sosial Whatsapp.

Dalam video berdurasi 36 detik tersebut terlihat asap mengepul dari pesawat usai melakukan pendaratan darurat di landasan pacu bandara. Apakah yang ditampilkan dalam video itu benar?

Advertisement

cek fakta garuda indonesia 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dengan klaim bahwa pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di landasan pacu bandara, salah. Video tersebut bukan kejadian asli, tetapi permainan simulator penerbangan.

Video yang memperlihatkan badan pesawat tertulis Garuda Indonesia dibuat oleh pengguna YouTube dengan citra yang dihasilkan komputer. Video tersebut diunggah pertama kali oleh channel YouTube: Bopbibun pada 2 Mei 2020. Video tersbut berjudul: Most Crazy Emergency Landing By Drunk Pilot|X-Plane 11

Dalam deskripsi video disebutkan bahwa ini hanya simulasi penerbangan, bukan situasi yang nyata.

Berikut keterangan dalam deskripsi video (terjemahan):

Penting: Ini hanya dalam simulasi penerbangan. Situasi ini tidak nyata! Semua yang ada di video ini tidak terjadi dalam kehidupan nyata, karena situasi ini hanya tantangan bagi saya untuk mencoba dalam penerbangan. 

cek fakta garuda indonesia 3Sumber: Most Crazy Emergency Landing By Drunk Pilot | X-Plane 11 | YouTube

Melansir afp.com, X-Plane 11 merupakan perangkat lunak simulator penerbangan.

Pengguna kanal YouTube Bopbibun menuliskan di halaman perkenalannya bahwa ia membuat video simulasi untuk bersenang-senang.

"Saya membuat video game kebanyakan tentang pesawat terbang dengan simulator penerbangan: X-Plane 11, atau FSX atau P3D atau dengan GTA 5," tulis Bopbibun. 

"Saya bukan pilot dan juga ahli dalam penerbangan. Saya hanya seorang pria yang senang bermain simulator penerbangan, oleh karena itu, video saya hanya untuk hiburan".

cek fakta garuda indonesia 4Sumber: This video of a 'Garuda Indonesia plane' has been computer-generated | Fact Check AFP

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan media The Star Malaysia. Mereka menyimpulkan video tersebut merupakan simulasi penerbangan, tidak nyata, sebagaimana tertera dalam deskripsi sumber video.

cek fakta garuda indonesia 5Sumber: QuickCheck: Did an airliner make a bumpy emergency landing recently? | TheStar

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dengan klaim bahwa pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di landasan pacu bandara, salah. Video tersebut bukan kejadian asli, tetapi permainan simulator penerbangan X-Plane 11 yang diunggah di akun YouTube sejak tahun 2020.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES