Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Warung Makan Dibakar Warga karena Jualan di Bulan Puasa

Jumat, 15 April 2022 - 09:22 | 110.05k
CEK FAKTA: Warung Makan Dibakar Warga karena Jualan di Bulan Puasa
Sebuah tautan artikel berisi tentang kejadian warung makan yang dibakar warga karena berjualan di bulan puasa yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial beserta tautan artikel mengenai warung makan yang dibakar warga karena berjualan di bulan puasa.

Informasi beserta tautan artikel tersebut (situs roketasia[dot]my[dot]id) dibagikan di Facebook oleh akun Yuli Setiawan (https://www.facebook.com/yuli.setiawan.7712) di Grup KABAR KLATEN pada 7 April 2022. Tautan yang dibagikan 

Adapun narasi yang diunggah sebagai berikut:

Kejadian Tadi Siang Warung Makan Dibakar Warga Terkait Berjualan di Bulan Puasa ,Pemilik Warung Pasrah dan Menangis :Apa Salahku 

cek-fakta-Warung-Makan-Dibakar.jpgSumber: https://www.facebook.com/groups/1551911245113649/posts/2834095063561921/

Benarkah informasi tersebut?

CEK FAKTA

Informasi warung makan di Klaten dibakar karena berjualan di bulan puasa, yang dibagikan akun Yuli Setiawan di grup Facebook KABAR KLATEN, tidak benar. Tidak ada kejadian tersebut.

Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah menegaskan tidak ada pembakaran warung makan di Klaten. 

"Jadi kami tegaskan, informasi warung dibakar hoaks. Tidak ada," ujar Abdillah, Minggu (10/4/2022).

cek-fakta-Warung-Makan-Dibakar-2.jpgSumber: Beredar Info Warung Dibakar di Klaten, Polisi: Hoaks! | Detik Jateng

Mengutip turnbackhoax.id, foto yang dicantumkan dalam unggahan yang beredar merupakan foto kebakaran rumah di Sibolga, Sumatra Utara, pada tahun 2021 lalu. 

cek-fakta-Warung-Makan-Dibakar-3.jpgSumber: [SALAH] Warung Makan di Klaten Dibakar Warga karena Berjualan di Bulan Puasa | Turnbackhoax

Foto dalam artikel yang dibagikan akun Yuli Setiawan, serupa dengan foto yang terdapat dalam artikel yang dipublikasikan oleh portal media Waspada.id. Foto karya Haris Sikumbang.

Artikel berjudul “Dua Rumah Warga Di Jalan Bawal Sibolga Terbakar", diunggah pada 28 Januari 2021. Sedangkan keterangan dalam fotonya: Dua unit rumah warga di Jl Bawal, Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga ludes dilalap si jago merah. Kamis (28/1) siang. 

cek-fakta-Warung-Makan-Dibakar-4.jpgSumber: Dua Rumah Warga Di Jalan Bawal Sibolga Terbakar | Waspada.id

KESIMPULAN

Menurut penelusuran TIMES Indonesia, informasi warung makan di Klaten dibakar karena berjualan di bulan puasa, tidak benar. Polres Klaten menegaskan bahwa tidak ada  pembakaran warung makan di Klaten karena berjualan di bulan puasa. 

Faktanya juga, foto yang terdapat dalam artikel yang dibagikan akun Yuli Setiawan di grup Facebook KABAR KLATEN, merupakan foto kebakaran rumah di Sibolga, Sumatra Utara, pada tahun 2021.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES