Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Hoaks, Garuda Indonesia Peringati Penerbangan ke-73 Tahun

Rabu, 20 April 2022 - 14:37 | 128.25k
CEK FAKTA: Hoaks, Garuda Indonesia Peringati Penerbangan ke-73 Tahun
Tengkapan layar situs palsu terkait peringatan penerbangan Garuda Indonesia yang ke-73 tahun.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim Cek Fakta TIMES Indonesia mendapatkan informasi terkait maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp5 juta dalam peringatan penerbangannya yang ke-73 tahun. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi maskapai Garuda Indonesia membagikan uang Rp5 juta untuk memperingati penerbangannya yang ke-73 tahun berupa tautan sebagai berikut.

"http://storageantonym.top/Garudaindonesia/tb.php?caqzuphm1650406982676"

Jika tautan tersebut di-klik maka akan memasuki halaman situs dengan tampilan tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!

Garuda Indonesia 73rd Anniversary of Flight!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah

cek-fakta-garuda.jpg

Benarkah informasi tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tentang peringatan Hari Penerbangan Garuda Indonesia ke-73, tidak benar. Sebab, tautan tersebut bukan berasal dari website resmi maskapai Garuda Indonesia yakni garuda-indonesia.com.

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga melakukan pencarian melalui mesin pencari Google, dengan kata kunci Peringatan Hari Penerbangan Garuda Indonesia. Hasilnya ditemukan tentang klarifikasi dari pihak Garuda Indonesia tentang menyatakan bahwa informasi tersebut merupakan hoaks.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, menyatakan, informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 5 juta untuk memperingati penerbangannya yang ke 73 tahun adalah hoaks.

"Hoaks," kata Irfan yang dikutip dari Liputan6.com.

Irfan juga membagikan pengumuman yang didalamnya terdapat tangkapan layar situs yang identik dengan klaim. Kemudian tangkapan layar tersebut dibubuhi tulisan "HOAX"

cek-fakta-garuda-4.jpgInformasi yang disampaikan Dirut Garuda Indonesia. (Foto: Tangkapan Layar)

Dalam pengumuman tersebut juga terdapat tulisan sebagai berikut.

"Terkait beredarnya informasi mengenai koesioner dan promosi sejenis yang mengatasnamakan Garuda Indonesia, kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk memastikan kebenaran informasi tersebut melalui laman dan sosial media resmi Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia tidak pernah mengeluarkan informasi berupa koesioner dan promosi sejenis seperti yang tertera pada gambar dimaksud."

cek-fakta-garuda-2.jpgSumber: Cek Fakta: Hoaks Garuda Indonesia Bagikan Uang Rp 5 Juta untuk Memperingati Penerbangan ke-73 Tahun | Liputan6

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga melakukan penelusuran ke website resmi Garuda Indonesia, dan menemukan bahwa dalam memperingati HUT ke-73 Garuda Indonesia hanya ada promo harga khusus. 

"Terbang ke beberapa rute pilihan mulai dari Rp730.000, serta nikmati potongan tambahan dari bank partner hingga Rp730.000," keterangan dalam website resmi Garuda Indonesia.

cek-fakta-garuda-3.jpgSumber: PENAWARAN SPESIAL HUT GARUDA INDONESIA KE-73 | Garuda Indonesia

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai tautan Garuda Indonesia membagikan uang Rp5 juta dalam peringatan penerbangannya yang ke-73 tahun, salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang tautan berhadiah dari Garuda Indonesia dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES