Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Foto Gus Yaqut dan Ragil Mahardika Berseragam Ansor

Rabu, 18 Mei 2022 - 17:37 | 84.68k
CEK FAKTA: Salah, Foto Gus Yaqut dan Ragil Mahardika Berseragam Ansor
Foto editan Gus Yaqut dan Ragil Mahardika dan foto asli Gus Yaqut dan peserta diklat GP Ansor Kabupaten Bandung.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar foto Ragil Mahardika bersama dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) di media sosial. Foto tersebut dibagikan oleh akun Facebook Sugeng Rachmanto (https://www.facebook.com/agunk.rch) pada 12 Mei 2022.

Dalam foto tersebut, tampak keduanya mengenakan baju seragam dengan logo Ansor. Akun Sugeng Rachmanto menyertakan narasi dalam foto yang dibagikannya sebagai berikut:

“Yang lagi viral dalam konten podcast Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu…"

Pada foto tersebut juga terdapat narasi berikut: “Gus Ragil Kader Ansor Cab. Jerman” dan “Gus Yaqut Panglima tertinggi GP Ansor / Banser”

Benarkah hal tersebut?

cek-fakta-Gus-Yaqut-dan-Ragil-Mahardika.jpg

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Faktanya, foto tersebut bukan foto asli melainkan hasil edit/sunting.

Mengutip Turnbackhoax.id, foto tersebut merupakan hasil suntingan dengan menambahkan bagian wajah Ragil Mahardika ke foto asli. Foto aslinya merupakan foto peserta Diklat Terpadu GP Ansor Kabupaten Badung, Bali.

cek-fakta-Gus-Yaqut-dan-Ragil-Mahardika-2.jpgSumber: [SALAH] Foto “Gus Ragil dan Gus Yaqut” | Turnbackhoax

Selanjutnya, hasil penelusuran foto di Facebook menemukan foto yang asli diunggah oleh akun Komara Sakti (https://www.facebook.com/komara.sakti.94) pada 19 November 2016. Foto tersebut diunggah di Facebook bersama tujuh foto lainnya dengan narasi:

“YA ALLOH ……..KAMI HANYA MENDAMBAKAN RIDHOMU ..KAMI HANYABERHARAP DALAMJIWA RAGA INI TERTANAM JIWA NASIONALISME YANG SELALU MENGEDEPANKAN MENGHORMATI KEBHINEKAAN & CINTA TANAH AIR …Diklat Tepadu Tingkat Dasar ( DTTD ) GP ANSOR KAB. BADUNG TGL 18.19.20. NOP 2016”

cek-fakta-Gus-Yaqut-dan-Ragil-Mahardika-3.jpgSumber: Facebook/Komara Sakti

cek-fakta-Gus-Yaqut-dan-Ragil-Mahardika-5.jpgSumber: Facebook/Komara Sakti

Sebagai tambahan informasi, kegiatan Diklat Terpadu GP Ansor Kabupaten Badung, Bali, digelar pada 18 sampai 20 November 2016. Mengutip artikel yang ditayangkan metrobali.com, pada kegiatan tersebut, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, yang hadir usai acara pembukaan langsung memberikan materi kepada peserta diklat terpadu.

cek-fakta-Gus-Yaqut-dan-Ragil-Mahardika-4.jpgSumber: Gelar Diklat Terpadu, GP Anshor Badung Tekankan Bantu Kemashalatan Umat | Metrobali

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto yang diunggah oleh akun Facebook Sugeng Rachmanto (https://www.facebook.com/agunk.rch) pada 12 Mei 2022, merupakan foto hasil edit/sunting atau foto editan. Foto tersebut merupakan hasil suntingan dengan mengganti wajah dalam foto asli dengan wajah Ragil Mahardika. Foto tersebut merupakan foto peserta Diklat Terpadu GP Ansor Kabupaten Badung, Bali yang digelar pada 18 sampai 20 November 2016.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten Manipulasi). Konten jenis ini biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES