Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Benarkah Kulit Batang Pohon Mangga Bisa Obati Sakit Gigi?

Senin, 13 Juni 2022 - 09:20 | 125.87k
CEK FAKTA: Benarkah Kulit Batang Pohon Mangga Bisa Obati Sakit Gigi?
Informasi hoaks tentang manfaat kulit batang pohon mangga dapat mengobati sakit gigi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial Facebook dengan klaim bahwa kulit batang pohon mangga memiliki khasiat menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang. Disebutkan dalam postingan Facebook tersebut, cara pengobatannya kerokan kulit batang pohon mangga dicampurkan dengan garam dapur dan air hangat lalu berkumur.

Informasi tersebut dibagikan akun Facebook: Mo Si Chin (https://www.facebook.com/mo.sichin.71) pada 6 Juni 2022. 

Disebutkan pula dalam informasi yang dibagikan akun Mo Si Chin bahwa sakit gigi tidak akan kambuh lagi jika diobati menggunakan kulit batang mangga.

Adapun narasi lengkap yang dibagikan sebagai berikut: 

“Resep JITU…..

Assalamualaikum wr wb
Berawal dari pngalaman pribadi sakit gigi g sembuh2 beberapa tahun yg lalu. dapat ilmu dari seseorang.

Jika sakit gigi sudah kambuh rasa sakitnya bisa sampai ke ubun-ubun. Banyak hal yang tidak bisa kita lakukan saat sakit gigi. Mulai dari susah makan, tidak bisa tidur, hingga melakukan aktivitas tertentu karena badan lemas. Pokoknya rasanya syahdu…

Resep JITU.. sdh terbukti di praktekkan ke diri pribadi dan beberapa orang. Alhamdulillah sembuh dan g pernah kambuh lagi.
.
Bahan
1. Kerokan kulit batang mangga
2. Garam dapur
3. Air hangat
.
Cara :
-Kupas kulit batang pohon mangga. Kerok bagian dalam kulit pohon mangga yg warna putih. kira2 berukuran 10 x 10cm yg berwarna putih sampai keluar seratnya, baik yg menempel d batang mangga, ataupun pada bagian putih yg menepel pada bagian dalam kulit pohon yg sdh dikupas tdi.(Sembarang pohon mangga pokox yg sdh mengeluarkan getah dan kulitx sdah retak2, diutamakan bagian kulit pohon yg sdh tua).
-Masukkan serat seratnya ke dalam gelas kopi kecil. Tambahkan 1 sendok teh garam dapur aduk dengan air hangat lalu kumurkan sampai habis. Jgn lupa baca Bismilah
-Pada saat kumur usahakan tahan air di dalam mulut dan masuk kedalam gigi yg brlubang sampai air terasa dingin (sdh g hangat lagi). Ingat pakai air hangat ya… bukan air panas.
Cma buat kumur ya… Jgan d minum atau d telan”
.
Efek :
Padat saat pertama kumur,gigi yg sakit memang terasa tegang (pokokx sampai sujud2 keluar air mata)setelah 3-5 mnit akan hilang tegangx.
.
Syarat : 
Setelah di kumur, gigi yg berlubang jgn d sedot/d sesap2x lgi supaya pembuluh darah pda gigi tidak pecah lg. Insya Allah 2 sampai 3x berturut2 kumur pada hari berikutx (untuk penanganan supayah lbih manteb) gigi yg sakit akan segera sembuh total.
.
Entah apa kandungannya dr kutit batang mangga dan garam dapur itu, sampai skarang belum tau. Yang penting sakit gigi hilang dan ga kambuh lagi.
Itulah beberapa bahan yang dapat menyembuhkan sakit gigi silahka

cek-fakta-Kulit-Batang-Pohon-Mangga-Obati-Sakit-Gigi-2.jpgSumber: https://www.facebook.com/mo.sichin.71/posts/pfbid023G82oQqt761KGUoKjjC2Q2vpV3AWqrVKqm7owdxkwWANYD4fFwryWiAREvWRqC64l

Selain akun tersebut, postingan serupa juga dibagikan sejumlah akun Facebook di antaranya Edi Kuswantoro (https://www.facebook.com/edi.kuswantoro.583) akun Sudirman Udi (https://www.facebook.com/profile.php?id=100008423925316). Kedua akun tersebut membagikan postingan serupa pada 6 Juni 2022.

cek-fakta-Kulit-Batang-Pohon-Mangga-Obati-Sakit-Gigi-3.jpgAkun Edi Kuswantoro
https://www.facebook.com/edi.kuswantoro.583/posts/pfbid02NX83FpzZnujC9TDZYnv4pnbB7fHknqzDf9sgR7jvwgwr35wXYX9PXrSSrBzhKiarl

cek-fakta-Kulit-Batang-Pohon-Mangga-Obati-Sakit-Gigi-4.jpg

Akun Sudirman Udi
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid02rUEj3TvEMAQNPn5i6Ptg2F1LziM4SRx2YLVM85DpRJX31tXX7RZSvHdbEwdQMMUFl&id=100008423925316

Benarkah informasi tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, klaim bahwa kulit batang pohon mangga memiliki khasiat menyembuhkan sakit gigi, tidak benar. Klaim tersebut tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat.

Mengutip dari kompas.com, drg Adianti, MDSc, Sp Ort, orthodontist di Griya DR Sony Jakarta mengatakan bahwa klaim tersebut tidak masuk akal dilihat dari segi keilmuan.

“Kalau gigi lubang, artinya jaringan giginya udah rusak, solusinya dibersihkan jaringan yang rusak tadi dan diganti dengan bahan tambalan,” kata Adianti, Selasa (7/6/2022).

Adianti menuturkan, kumur-kumur menggunakan campuran kerokan kulit batang mangga dan garam tidak akan memperbaiki jaringan gigi yang sudah rusak.

“Kalau kumur-kumur doang jaringan gigi yang udah terlanjur rusak tadi kan tetap enggak bisa balik lagi,” ujarnya.

Menurut Adianti, apabila gigi berlubang tadi tidak ditambal, maka lama-kelamaan akan mengalami kerusakan.

“Gigi yang sudah terlanjur berlubang ya akan tetap berlubang, dipakai makan lagi lama-lama ya akan patah-patah juga kalau enggak ditambal,” ujarnya.

cek-fakta-Kulit-Batang-Pohon-Mangga-Obati-Sakit-Gigi-5.jpgSumber: [HOAKS] Kerokan Kulit Batang Mangga Berkhasiat Mengobati Sakit Gigi | Kompas

Mengutip Alodokter.com, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang, antara lain: memberikan fluoride, menambal gigi, menggunakan crown gigi, melakukan perawatan saluran akar gigi, dan mencabut gigi. 

Untuk mencegah sakit gigi berlubang, penting untuk merawat kesehatan gigi dengan rutin membersihkan gigi minimal 2 kali sehari, mengurangi makanan atau minuman manis, serta membersihkan celah gigi dengan benang gigi secara rutin.

Jika Anda mengalami sakit gigi berlubang atau disertai gejala berupa sulit mengunyah, wajah bengkak, dan sulit membuka mulut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah infeksi parah.

cek-fakta-Kulit-Batang-Pohon-Mangga-Obati-Sakit-Gigi-6.jpgSumber: Sakit Gigi Berlubang, Ini 5 Cara Penanganannya | Alodokter

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, klaim bahwa kulit batang pohon mangga memiliki khasiat menyembuhkan sakit gigi, tidak benar. Klaim tersebut tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat.

Kalau gigi lubang, artinya jaringan giginya udah rusak, solusinya dibersihkan jaringan yang rusak tadi dan diganti dengan bahan tambalan.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES