Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah! Foto Istri Tusuk Suami karena Dikira Berselingkuh

Senin, 08 Agustus 2022 - 16:44 | 63.07k
CEK FAKTA: Salah! Foto Istri Tusuk Suami karena Dikira Berselingkuh
Foto seorang perempuan yang diklaim merupakan istri yang menusuk suaminya karena dikira berselingkuh.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi disertai foto mengenai istri yang menusuk suaminya karena dikira berselingkuh. Informasi tersebut beredar di media sosial Instagram, dan dibagikan oleh akun @otaklite.

Akun @otaklite mengunggah foto seorang perempuan berbaju biru dengan dua petugas kepolisian di sampingnya. Foto tersebut disertai keterangan: Istri Tusuk Suami usai Lihat Fotonya dengan Wanita Lain, Ternyata Perempuan Itu Dirinya Saat Masih Langsing.

Akun tersebut juga menyertakan penjelasan sebagai berikut:

Seorang istri yang terbakar api cemburu menikam suaminya berulang kali setelah mengira sang suami berselingkuh. Wanita bernama Leonora N itu cemburu berat setelah melihat foto suaminya bersama seorang wanita yang dia kira wanita lain. Ironisnya, wanita di dalam foto itu ternyata foto sang istri itu sendiri yang diambil beberapa tahun lalu, ungkap polisi. Leonora dilaporkan cemburu dan menikam suaminya Juan N setelah menemukan beberapa foto wanita di ponsel Juan, yang ternyata adalah foto dirinya sendiri. Suaminya lalu berhasil mengambil pisau dari sang istri yang marah dan menjelaskan bahwa foto-foto itu adalah mereka berdua ketika sang istri masih lebih muda dan langsing. Juan lalu meyakinkan istrinya bahwa dia telah mendigitalkan semua foto cetak lawas untuk disimpan di ponsel. Polisi di Cajeme, Sonora, Meksiko, tiba di lokasi setelah laporan dari tetangga pasutri tersebut yang teriak karena mendengar suara bentrok. Leonora lalu ditahan pihak berwenang sambil menunggu dakwaan.

cek-fakta-Istri-Tusuk-Suami.jpgSumber: https://www.instagram.com/p/Cgsu3QgpaLR/

Benarkah klaim tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, foto perempuan yang diklaim bernama Leonora N, istri yang menusuk suaminya gegara melihat foto si suami dengan wanita lain, yang ternyata wanita itu sendiri ketika masih kurus. Klaim tersebut salah. 

Melansir dari Turnbackhoax.id, perempuan yang terdapat dalam foto itu adalah Patricia Mabel López. Ia ditangkap di pinggiran kota Buenos Aires, Argentina pada 25 September 2019. Patricia dijatuhi hukuman seumur hidup pada 2011 atas kasus pemerkosaan, penyiksaan dan kematian anak di bawah umur pada 2006. Ia sempat buron sejak 2012.

cek-fakta-Istri-Tusuk-Suami-2.jpgSumber: [SALAH] Foto “Istri Tusuk Suami Usai Lihat Fotonya Dengan Wanita Lain ,Ternyata Perempuan Itu Dirinya Sendiri Pas masih Kurus” | Turnbackhoax

Informasi disertai gambar serupa pernah beredar pada 2021. Seperti bisa dillihat dalam artikel Turnbackhoax.id berjudul [SALAH] Foto “Istri Tusuk Suami Usai Lihat Fotonya Dengan Wanita Lain ,Ternyata Perempuan Itu Dirinya Sendiri Pas masih Kurus”.

cek-fakta-Istri-Tusuk-Suami-3.jpgSumber: [SALAH] Foto “Istri Tusuk Suami Usai Lihat Fotonya Dengan Wanita Lain ,Ternyata Perempuan Itu Dirinya Sendiri Pas masih Kurus” | Turnbackhoax

Mengutip periksafakta.afp.com, pencarian kata kunci menemukan foto itu diterbitkan oleh Prefektur Angkatan Laut Argentina di akun Twitternya pada tanggal 26 September 2019.

Disebutkan dalam cuitan akun resmi tersebut "Kami telah menangkap salah satu wanita paling dicari di negara ini. Seorang perawat dengan profesi, dia telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup sejak 2011 karena pemerkosaan, penyiksaan dan kematian anak di bawah umur selama ritual setan yang dilakukan di kota Mercedes di Corrientes pada tahun 2006".

cek-fakta-Istri-Tusuk-Suami-4.jpgSumber: Twitter/@PrefecturaNaval

Perempuan itu buron sejak tahun 2012 dan berhasil ditangkap di pinggiran kota Buenos Aires pada tanggal 25 September 2019, kata Prefektur Angkatan Laut Argentina melalui keterangan tertulis. Di keterangan tertulis tersebut terdapat foto wanita yang sama seperti di unggahan yang menyesatkan. 

Wanita itu dicari karena pembunuhan “dengan kekejaman, pengkhianatan, pelecehan seksual dan perampasan kemerdekaan secara tidak sah”, demikian bunyi pernyataan itu.

cek-fakta-Istri-Tusuk-Suami-5.jpgSumber: Foto ini telah beredar sejak tahun 2019 di laporan tentang wanita yang ditangkap karena membunuh anak di Argentina | Periksa Fakta AFP

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, Perempuan dalam foto yang diunggah akun @otaklite adalah Patricia Mabel López. Ia ditangkap di pinggiran kota Buenos Aires, Argentina, pada 25 September 2019. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup pada  2011 atas pemerkosaan, penyiksaan dan kematian anak di bawah umur pada 2006, tetapi sempat buron sejak 2012.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten Manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES