Cek Fakta Fakta atau Hoaks

Cek Fakta, Donald Trump Sebut Ratu Elizabeth Memberinya Gelar Bangsawan Secara Pribadi

Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:34 | 30.42k
Cek Fakta, Donald Trump Sebut Ratu Elizabeth Memberinya Gelar Bangsawan Secara Pribadi
Klaim mengenai Donald Trump memperoleh gelar bangsawan dari Ratu Elizabeth.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar unggahan di media sosial Twitter yang menunjukkan cuitan akun @realDonaldTrump yang menyebu dirinya mendapat gelar bangsawan dari Ratu Elizabeth II. Akun @tycheezits yang membagikan tangkapan layar cuita akun Donald Trumop. 

Adapun cuitan akun @realDonaldTrump sebagai berikut:

“I never told anybody but she knighted me in private”

Terjemahan:
“Saya tidak pernah memberi tahu siapa pun tetapi dia memberi saya gelar bangsawan secara pribadi“

cek-fakta-Donald-Trump-2.jpgSumber: https://twitter.com/tycheezits/status/1568219856042078208

Benarkah klaim tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada sumber valid yang menginformasikan pengangkatan dan pengakuannya kalau Ratu Elizabeth II telah memberikan Donald Trump gelar bangsawan. 

Dilansir dari Reuters.com, tangkapan layar yang beredar tersebut diduga telah dibuat-buat atau hasil manipulasi. Penelusuran Reuters.com tidak ada bukti Donald Trump memposting pesan seperti itu di Truth Social, dari profil lini-masa maupun versi arsipnya. 

cek-fakta-Donald-Trump-3.jpgSumber: Fact Check-No evidence Trump claimed Queen Elizabeth knighted him in private | REUTERS

Mengutip dari Snopes.com, salah satu juru bicara Trump, Liz Harrington mengonfirmasi bahwa unggahan tersebut palsu.

cek-fakta-Donald-Trump-4.jpgSumber: Did Trump Say the Queen ‘Knighted Me in Private’? | Snopes

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, klaim Donald Trump memperoleh gelar bangsawan dari  Ratu Elizabeth, salah. Faktanya tidak ada kabar yang valid bahwa mantan Presiden AS Donald Trump mengaku kalau Ratu Elizabeth II telah memberinya gelar bangsawan Inggris secara pribadi. 

Tangkapan layar yang diduga dari unggahan media sosial milik Donald Trump, Truth Social, yang dikirim dari profilnya seperti dibuat-buat. 

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES