Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Penggunaan Ponsel Menarik Petir Mendekat

Senin, 11 September 2023 - 17:14 | 70.19k
Narasi di media sosial dalam bahasa Filipina mengklaim bahwa menggunakan ponsel di luar ruangan dapat menarik petir.
Narasi di media sosial dalam bahasa Filipina mengklaim bahwa menggunakan ponsel di luar ruangan dapat menarik petir.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Akun Facebook “Robin Febre” menulis status yang menyarankan masyarakat untuk berhati-hati ketika menggunakan ponsel di luar ruangan saat badai, karena dapat menarik petir mendekat. Informasi yang ditulis pada 28 Juli tersebut diunggah di sebuah grup Facebook yang memiliki 36,600 member.

Lakas ng ulan hangin may kasama pang Kidlat,, ingat po tayong lahat wag gumamit ng Cellphone pag nasa labas para di makaattract ng Kidlat

Terjemahan:
Hujan dan angin deras disertai petir,, mari kita semua berhati2 jika di luar jangan main hp agar tidak menarik petir

cek-fakta-Ponsel-Menarik-Petir-2.jpghttps://web.facebook.com/groups/1092789330889436/posts/2594301074071580/

Benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Hasil penelusuran Cek Fakta, informasi bahwa menggunakan ponsel di luar ruangan dapat menarik petir, salah. Menurut spesialis penelitian atmosfer Filipina, Marco Ibañez, dalam wawancaranya dengan pihak AFP menyatakan bahwa faktor kunci terjadinya sambaran petir adalah ketinggian dan isolasi suatu benda. Justru benda di darat yang tinggi dan terisolasi memiliki peluang paling tinggi untuk tersambar petir.
Sumber: Experts dismiss claim 'mobile phones attract lightning' during thunderstorms | Fact Check AFP

Selain itu, melansir dari artikel amta.org yang berjudul “Mobiles, lightning risks and other myth”, tertulis bahwa jumlah logam yang terkandung dalam ponsel tidak cukup banyak dan tidak cukup kuat untuk meningkatkan risiko tersambar petir.
Sumber: Mobiles, lightning risks and other myths | AMTA

Artikel yang membahas informasi serupa terdapat di turnbackhoax.id. ([SALAH] Ponsel Menarik Petir Mendekat | Turnbackhoax)

Kesimpulan

Informasi yang disebarluaskan oleh akun Facebook Robin Febre merupakan konten menyesatkan (misleading content). Jumlah logam yang terkandung dalam ponsel tidak cukup banyak dan tidak cukup kuat untuk meningkatkan risiko tersambar petir.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber tepercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES