Cek Fakta Fakta atau Hoaks

Cek Fakta: Mahfud MD Sebut Lahan Pertanian Makin Sedikit tapi Subsidi Pupuk Makin Besar

Minggu, 21 Januari 2024 - 20:43 | 19.47k
Mahfud MD.
Mahfud MD.

TIMESINDONESIA, JAKARTADebat Cawapres untuk Pemilu 2024 berlangsung  di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan,  Minggu  (21/1/2024) malam. Cawapres Mahfud MD  menyampaikan bahwa lahan pertanian di Indonesia semakin sedikit tetapi subsidi pupuk semakin besar.

Inilah pernyataan lengkap yang disampaikan cawapres nomor urut 03 Mahfud MD  dalam Debat Pilpres 2024 seri keempat: 
Sumber daya alam kita sangat kaya tapi pangan belum berdaulat petani makin sedikit tapi subsidi pupuk makin besar. Pasti ada yang salah. Subsidi setiap tahun naik pasti ada yang salah.

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia bersama koalisi Cek Fakta serta panel ahli, menemukan bahwa pernyataan yang disampaikan Mahfud MD  bisa ditelusuri sebagai berikut.

Mengenai luas lahan sawah, terjadi tren penurunan luas sawah. Pada 2015, luas mencapai 8 juta hektare, sementara 2019 seluas 7,5 juta hektare. Adhitya Adhyaksa dari Direktorat Informasi dan Data Auriga Nusantara menyampaikan, dalam rentang tahun tersebut terjadi fluktuasi luasan lahan sawah.
Sumber: https://satudata.pertanian.go.id/assets/docs/publikasi/Statistik_Lahan_Pertanian_Tahun_2015-2019.pdf

Perihal  subsidi pupuk, berdasarkan data APBN, terlihat semakin menurun dari tahun 2019. Sejak 2019, tren belanja subsidi pupuk Indonesia menurun dari Rp34,1 triliun menjadi Rp31,1 triliun pada 2020, dan terus menurun hingga Rp25,3 triliun pada 2023.
Sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/13/cek-data-berapa-anggaran-subsidi-pupuk-untuk-petani-di-indonesia

Berkaitan dengan usaha pertanian, BPS  mencatat, terjadi pertambahan jumlah Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTUP) dari 25.751.267 RTUP (2022) menjadi 27.763.821 RTUP (2023). Terjadi pertambahan 2.012.554 RTUP. 

Namun, menurut peneliti Sajogyo Institute, Kiagus M Iqbal,  justru terjadi penurunan jumlah RTUP di semua subsektor pertanian. Subsidi pupuk juga semakin menurun.

“Subsidi pupuk justru semakin menurun sejak 2020 hingga sekarang,” kata Kiagus M Iqbal dalam keterangannya.
Sumber: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/04/ba7d7c28ab060c2c6c62ee3e/buklet-hasil-pencacahan-lengkap-sensus-pertanian-2023-tahap-i.html

Kesimpulan

Pernyataan  Mahfud MD  dalam debat Pilpres 2024 tentang  lahan pertanian di Indonesia semakin sedikit tetapi subsidi pupuk semakin besar, sebagian benar. Jumlah lahan pertanian memang mengalami penurunan, sedangkan subsidi pupuk juga mengalami penurunan. 

Sebagai informasi dalam Debat Pilpres 2024 seri keempat ini, para Cawapres membahas isu mengenai pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat dan desa adat. Cek Fakta TIMES Indonesia mengimbau masyarakat untuk lebih selektif menerima informasi atau menyebarkan informasi yang benar.

----

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media dan 7 panel ahli di Indonesia.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected](*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES