Ekonomi

Inovasi Kunci Sukses Bisnis Amazon

Kamis, 18 Maret 2021 - 14:45 | 180.74k
Para narasumber mendengarkan penjelasan mengenai Inovasi yang dilakukan Amazon.com oleh Santanu Dutt (Kanan). ( Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia).
Para narasumber mendengarkan penjelasan mengenai Inovasi yang dilakukan Amazon.com oleh Santanu Dutt (Kanan). ( Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia).
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTAMarkplus berkolaborasi dengan Amazon.com menjelaskan bagaimana bertahan dan semakin berinovasi dalam dunia bisnis. Prinsip dari Amazon, inovasi merupakan kebudayaan yang harus terus dikembangkan di segala bidang. Acara tersebut diadakan secara daring, Rabu (17/3/2021).

Amazon.com milik Jeff Bezoz ini menjadi perusahaan yang berinovasi dengan menjalani bisnis di berbagai bidang. Mulai makanan hingga peralatan dapur. Amazon menyediakan semua kebutuhan manusia. Tidak heran, Amazon menjadi perusahaan yang sangat besar hingga Jeff menjadi orang terkaya di dunia.

Advertisement

Menurut Santanu Dutt, Head of Technology for south east asia Amazon web service, jika ingin memperbesar bisnis maka harus berinovasi dari organisasi- organisasi kecil di dalam perusahaan. Prinsipnya, memperbesar perusahaan harus menggunakan ide-ide baru.

Inovasi Amazon aSantanu Dutt menjelaskan bagaimana Sistem perkembangan di dalam Amazon.com ( Foto: Dok.Markplus)

"Amazon selalu ingin lebih baik dari sebelum nya dan yang terpenting inovasi tersebut memberikan keuntungan untuk customer," ungkap Santanu.

Prinsip dari Amazon yang sampai 25 tahun selalu dipegang dan diterapkan adalah obsesi pelanggan. Sikap bersikeras pada standar tertinggi selalu mengedepankan berpikir besar menemukan inovasi. Menyederhanakan dan mendapat banyak kepercayaan khusus nya pelanggan.

Amazon menilai, Inovasi harus menjadi kebiasaan yang terus menerus bukan hanya saat membuka bisnis. Harus konsisten mengenai bisnis tersebut dengan mengedepankan pelanggan.

Semakin melebarkan bisnis dengan berbagai bidang seperti Amazon yang sudah membuka supermarket berteknologi. Dari berawal website menjual buku 25 tahun lalu hingga sekarang merambah bisnis selain website. Pelanggan dapat self service mulai dari mengambil barang hingga membayar barang tersebut.

"Kita sudah mempunyai Amazon go, just grab and go," tambah Santanu.

Di Amazon Web Services terdapat filosofi yang meyakinkan bahwa terdapat satu hal yang tidak akan berubah dalam bisnis online retail, yakni customer experience yang lebih baik. Hal tersebut akan mengarah kepada trafik yang lebih baik, sehingga akan lebih banyak konsumen yang datang dan lebih banyak penjualan.

Amazon pun dapat menurunkan harga karena memiliki volume yang lebih besar, sehingga dapat melakukan berbagai macam promosi dan terus mendatangkan konsumen," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES