Ekonomi

9th K-UKM Expo Sukses, Gubernur Khofifah Sebut Total Transaksi 10 Miliar Lebih

Minggu, 31 Juli 2022 - 23:20 | 16.94k
Gubernur Khofifah meninjau stand batik usai menutup 9th K-UKM Expo di Grand City Surabaya, Minggu (31/7/2022) petang.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Gubernur Khofifah meninjau stand batik usai menutup 9th K-UKM Expo di Grand City Surabaya, Minggu (31/7/2022) petang.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi menutup pameran 9th K-UKM Expo di Grand City Surabaya, Minggu (31/7/2022). 

Khofifah mengatakan, gelaran ini berhasil mencatat transaksi langsung senilai Rp2,5 miliar sepanjang 27-31 Juli 2022. Namun, juga ada transaksi secara live shopping dan pesanan dari sejumlah instansi dan lintas provinsi dalam jumlah cukup besar dengan total mencapai lebih dari Rp10 miliar.

Advertisement

"Ini belum dihitung, kemudian dari lembaga keuangan ada Rp10 miliar lebih," ujarnya. 

Menurut Khofifah, K-UKM Expo menjadi salah satu upaya Pemprov Jatim  untuk terus membangun, melakukan pendampingan serta membuka akses pasar dan permodalan bagi UMKM di Jatim. 

"Tidak boleh pernah berhenti," kata Khofifah. 

Gubernur-Khofifah-b.jpg

Pasca K-UKM Expo, diharapkan terjalin komunikasi dan transaksi perdagangan secara sustainable. Apalagi, pada saat pembukaan, ada sejumlah MoU antara Pemprov dengan pihak universitas maupun platform digital sebagai akses market. 

"Sinergi seluruh elemen kita maksimalkan," ungkap Khofifah. 

Dia menambahkan, sektor UMKM juga membutuhkan partnership dengan elemen-elemen pentahelix. 

"Government membangun mediasi, memberikan support, membangun market access. Kemudian dari private sector apakah permodalan atau pendampingan," ujarnya. 

Kemudian, lanjut Khofifah, dari perguruan tinggi juga melakukan pendampingan dan media serta society skill. 

"Kita berharap bahwa akan ada percepatan digital ekosistem di lingkungan K-UMKM di Jatim. Karena ini kebutuhan yang sangat mendesak dan harus terkonfirmasi bahwa literasi digital bagi pelaku K-UMKM adalah bagian penting, mendesak dan harus segera ada skill yang lebih terstandar," terang Khofifah. 

Pada kesempatan tersebut, gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh partner yang telah memberikan dukungan selama gelaran K-UKM Expo. Seperti lembaga perbankan, OJK, perguruan tinggi, market place 

"Ini menjadi bagian yang harus kita bangun sinerginya. Pelaku K-UMKM yang mengikuti expo juga semuanya tentu saya menyampaikan terima kasih," ucap Gubernur Khofifah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES